Mal Sepi Pengunjung di H-1 Lebaran

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 20:30 WIB
Beberapa pusat perbelanjaan dan mal tampak sepi pada H-1 Lebaran malam ini. Beberapa pusat perbelanjaan dan mal tampak sepi pada H-1 Lebaran malam ini. (dok. CNNIndonesia/ Wella Andany)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa mal dan pusat perbelanjaan di ibu kota terpantau sepi pengunjung pada H-1 Lebaran, Rabu (12/5).

Salah satunya, mal Grand Indonesia (GI) di Jakarta Pusat. Berdasarkan pantauan Rabu sore, GI tampak lenggang.

Berbagaigera seperti pakaian, elektronik, perhiasan, dan pernak-pernik terlihat minim pengunjung. Hanya tempat makan dan supermarket saja yang dihiasiantrean.


Public Relation Grand Indonesia Nissa saat dihubungi CNNIndonesia.com menyebutkan memang dalam beberapa hari terakhir, mal terpantau tak mengalami kenaikan pengunjung meski menjelang Lebaran.

Walau belum dapat menyajikan angka pasti pengunjung, namun Nissa memastikan tidak ada perubahan signifikan dari sisi kunjungan.

"Dari H-3 kasat mata masih normal, untuk angkanya saya harus cek," katanya, Rabu (12/5) malam.

Sejak pandemi masuk RI pada Maret 2020 lalu, Nissa menyebut angka pengunjung belum kembali ke level sebelum pandemi yang pada puncaknya bisa mencatatkan 100 ribu pengunjung per hari.

Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, ia menyebut untuk hari kerja pihaknya mencatat rentang kunjungan sebanyak 60 ribu-70 ribu orang per hari. Kemudian sekitar 85 ribu orang di akhir pekan.

Sedangkan selama pandemi, ia menyebut angka kunjungan tidak mencapai 40 ribu per hari, atau kurang dari 50 persennya.

"Sejak pandemi memang kunjungan anjlok," imbuhnya.

Senada, di pusat perbelanjaan Thamrin City, JakartaPusat, juga terpantau minim pengunjung pada H-1. Hal itu ikut dikonfirmasi oleh Riska, salah satu penjual pakaian muslim di lantai dasar pusat perbelanjaan.

Riska menyebut menjelang Lebaran malah terjadi penurunan penjualan. Sepanjang hari ini, ia mengatakan mal sepi pendatang.

"Kirain hari ini bakal rame, eh malah turun hari ini dari normal," katanya.

Dia menduga sepi karena dua hal, masyarakat sudah membeli keperluannya sejak jauh-jauh hari atau sebagian penduduk ibu kota sudah keburu pulang kampung. Namun, ia menyebut pada 2 minggu terakhir memang terjadi lonjakan penjualan, khususnya untuk gamis dan blus.

(wel/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK