Menhub Imbau Masyarakat Hindari Arus Balik Hari Minggu

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 13:11 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat menghindari perjalanan pada arus balik, Minggu (16/5), demi mengurai konsentrasi massa. Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat menghindari perjalanan pada arus balik, Minggu (16/5), demi mengurai konsentrasi massa. (CNN Indonesia/Syakirun Niam).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan pada arus balik, Minggu (16/5) nanti. Sebab, ada kecenderungan pemudik kembali ke ibu kota pada hari tersebut.

Imbauan itu dimaksudkan untuk memecah konsentrasi massa atau penumpukan pada hari yang sama.

"Saya minta kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan di tanggal yang sama, karena hari itu pasti ada suatu konsentrasi," ujar Budi saat meninjau pos penyekatan mudik di KM 31 Jalan Raya Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (12/5).


Menurut Budi, pada hari ke-7 masa larangan mudik telah terjadi penurunan perjalanan transportasi udara, air, dan kereta api.

Dibandingkan masa Lebaran pada situasi sebelum pandemi, penurunan pelaku perjalanan cukup signifikan hingga menyentuh angka 70 persen-90 persen.

"Kami apresiasi masyarakat yang telah memahami maksud dan tujuan pemerintah melakukan peniadaan mudik, sehingga akhirnya mengurungkan niat untuk melakukan perjalanan mudik tahun ini," kata Menhub.

Budi lantas meminta kepada petugas di lapangan agar tetap konsisten dalam menegakkan aturan penyekatan hingga masa larangan mudik selesai.

Menurut Budi, pengendalian lalu lintas masyarakat di jalur darat memiliki tantangan yang lebih tinggi.

Karenanya, upaya pengamanan yang dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Satgas Covid-19 menjadi penting.

"Dengan sinergi antar Kementerian dan Lembaga ini memberikan satu warna yang baik dan kekompakan dalam menjalankan kebijakan ini," tandas Budi.

[Gambas:Video CNN]



(iam/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK