Hari Pertama Lebaran, Sejumlah Mal di Jakarta Sepi Pengunjung

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 17:37 WIB
Sejumlah pusat belanja modern atau mal di Jakarta tampak lengang pada hari pertama Idulfitri 1442 Hijriah. Keramaian hanya terlihat di gerai makanan. Mal Cipinang Indah, Pondok Bambu, Jakarta Timur, lengang pada hari pertama Idulfitri 1442 Hijriah. (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pusat belanja modern atau mal di DKI Jakarta tampak sepi pada hari pertama Idulfitri 1442 Hijriah Kamis (13/5). Di Mal Cipinang Indah, Pondok Bambu, Jakarta Timur sejumlah gerai bahkan terlihat tutup.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sekitar pukul 15.00 WIB, dari total lima lantai di Mal Cipinang Indah, pengunjung hanya tampak berseliweran di lantai satu dan dua. Sedangkan tiga lantai di atasnya, tampak lengang.

Keramaian pengunjung hanya terlihat di gerai-gerai makanan. Sementara untuk gerai-gerai yang lain, seperti pakaian, hingga elektronik masih lengang.


Meski demikian, seorang pengelola mal berkata, Mal Cipinang mengalami lonjakan pengunjung selama dua pekan terakhir menjelang lebaran. Puncak kunjungan pengunjung terutama terjadi pada malam takbir, Rabu (12/5) malam.

"Ada kenaikan selama Ramadan. Selama sebulan ini ada peningkatan signifikan dibanding sebelum Ramadan," kata petugas yang ditemui di lokasi.

Menurut dia, Mal Cipinang Indah selama dua pekan terakhir hingga malam takbir mengalami lonjakan pengunjung antara 75-80 persen.

Ia menduga lonjakan pengunjung karena warga sudah berani keluar rumah setelah vaksinasi. Ditambah, wilayah Pondok Bambu yang masih tercatat zona hijau. Sementara, kata dia, sejumlah gerai yang tutup memang karena memilih libur di hari lebaran.

"Dua minggu sebelum ini, mau Ramadan, ya ada 75-80 persen," kata dia.

"Dibanding 2020 beda banget. Ada peningkatan luar biasa. Apalagi sekarang orang udah vaksin. Udah keluar rumah," ucapnya.

Salah seorang penjaga gerai yang bertugas di hari Lebaran mengaku tokonya sempat digeruduk pembeli saat malam takbiran. Ia pun mencatat kenaikan omset hingga 50 persen hanya di malam Lebaran, yang angkanya lebih tinggi dibanding hari-hari selama Ramadan.

"Kemarin berapa persen, 50 persen ya. Omsetnya, naik. Daripada hari kemarin masih mending malam takbiran, penuh," katanya.

Sementara itu, keramaian pengunjung di gerai makan juga terjadi di Mal Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pantauan CNNIndonesia.com, kepadatan pengunjung di lantai dasar mal yang umumnya untuk area makan, berbanding kontras dengan lantai atas yang membuka gerai pakaian, elektronik, hingga furniture.

Meski demikian, dibanding Mal Cipinang Indah, jumlah pengunjung di Kota Kasablanka sekilas lebih tampak ramai. Kepadatan juga tampak di area parkir yang tampak dipenuhi kendaraan.

(thr/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK