Kisah Koyuhijab Raup Untung Lewat Penjualan Daring

Shopee, CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 11:55 WIB
Reni mengaku melihat peluang bisnis yang baik pada Shopee, di mana konsumen dapat menjangkau produknya dengan efektif dan efisien melalui beragam promo. Reni mengaku melihat peluang bisnis yang baik pada Shopee, di mana konsumen dapat menjangkau produknya dengan efektif dan efisien melalui beragam promo. (Foto: Arsip Shopee)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telah memiliki toko luring sebelum memutuskan memperluas pasar melalui penjualan daring, Reni Afriyanti pemilik merek fesyen muslim Koyuhijab tetap harus menghadapi berbagai permasalahan.

Semangat berbisnis Reni membara ketika dirinya mendapat pesanan ribuan produk dari Malaysia. Membeli sejumlah mesin jahit untuk keperluan produksi, baru pada 2015 ia memutuskan bergabung bersama Shopee. Reni mengaku melihat peluang bisnis yang baik, karena konsumen dapat menjangkau produk Koyuhijab dengan efektif dan efisien melalui beragam promo Shopee.

"Melalui berbagai kampanye inovatif dan menarik yang ditawarkan, Shopee mempunyai andil yang cukup besar terhadap kesuksesan toko Koyuhijab," kata Reni.


Tak hanya ragam promo yang menguntungkan penjual seperti flash sale dan gratis ongkir, Reni menyebut tak perlu bersusah payah meyakinkan konsumen untuk berbelanja di Shopee. Ketika penipuan belanja daring marak terjadi, Koyuhijab tetap lancar berbisnis di Shopee yang terjamin keamanannya.

Bergabung dengan Shopee menjadi langkah besar dalam perkembangan bisnis Koyuhijab. Reni mendapatkan berbagai pelatihan dan masukan terkait literasi digital bisnis, termasuk tips dan trik pemasaran, serta pemilihan jumlah barang yang diproduksi.

Seperti kebanyakan UMKM, Koyuhijab pun terdampak pandemi yang mewabah pada 2020. Di tengah kondisi tak menentu, Reni gigih memperjuangkan Koyuhijab antara lain lewat channel berjualan daring di Shopee. Ia juga memanfaatkan fasilitas gudang tanpa biaya sewa untuk menyimpan stok produksi.

Menurut Reni, Shopee turut berperan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang terhimpit pandemi. Hasil kerja keras Reni berbuah manis, pada kampanye Shopee Big Ramadan Sale 2021 jumlah transaksi Koyuhijab meningkat sampai 70 persen, terhitung sejak tahun lalu.

ShopeeGudang penyimpanan produk-produk Koyuhijab. (Foto: Arsip Shopee)

"Semenjak bergabung dengan Shopee, penjualan online Koyuhijab mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan penjualan offline. Sebagai salah satu kampanye terbesar yang dihadirkan oleh Shopee, Big Ramadan Sale 2021 sangat membantu dalam hal mendorong performa bisnis Koyuhijab ke arah yang lebih baik lagi, dengan banyaknya produk Koyuhijab yang habis terjual setiap harinya di platform Shopee," tuturnya.

Kini, Reni memiliki beberapa konveksi pribadi dengan lebih dari 100 orang karyawan. Koyuhijab pun mengembangkan bisnis hingga ke pasar mancanegara. Koyuhijab menjadi bukti, bahwa banyak produk lokal inovatif dan berkualitas yang patut diapresiasi.

"Koyuhijab akan senantiasa menghadirkan berbagai inovasi kreatif lainnya untuk menciptakan produk-produk fashion muslim terbaik, agar bisa menjadi inspirasi bagi penjual lain dan dapat dikenal oleh lebih banyak lagi orang dengan menembus tidak hanya pasar Indonesia, tetapi juga global," ujar Reni.

Lebih lanjut, Reni mengatakan bangga dapat berkontribusi dalam perekonomian Indonesia sebagai pelaku UMKM lokal. Ia berharap dapat terus memperbesar bisnis bersama Shopee yang diakui mengayomi penjual.

"Ke depannya, saya berharap Shopee dapat terus memberikan dukungan penuh kepada Koyuhijab serta para pelaku UMKM lokal Indonesia lainnya di luar sana untuk bisa mencapai potensi yang paling maksimal," kata Reni.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK