Mengenal Dogecoin yang Meroket Gara-gara Elon Musk

CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 12:08 WIB
Harga Dogecoin semakin mahal setelah bos Tesla dan SpaceX Elon Musk menulis cuitan tentang mata uang kripto itu di Twitter. Dogecoin. (iStockphoto/Adrian Black)
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga mata uang kripto, dogecoin melesat beberapa hari ini terakhir. Penyebabnya adalah cuitan Elon Musk melalui akun Twitter yang isinya mendukung dogecoin.

"(Kami) bekerja dengan pengembang Doge untuk meningkatkan efisiensi sistem transaksi. Berpotensi menjanjikan," tulis Elon pada Jumat (14/5).

Cuitan Bos Tesla itu membuat harga dogecoin meroket hingga hari ini, Sabtu (15/5). Berdasarkan data Coinmarketcap.com, dogecoin berada di level 55 sen pada pukul 09.15 WIB.


Harga tersebut naik 16,97 persen dalam 24 jam terakhir. Sementara itu, kapitalisasi pasar dogecoin mencapai US$71,76 miliar.

Dogecoin merupakan mata uang kripto yang dibuat pada 2013 lalu. Penciptanya adalah Billy Markus dari Portland, Oregon dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia.

Menariknya, pencipta dogecoin yang merupakan ahli perangkat lunak (software enginer) tersebut meluncurkan dogecoin dengan lelucon. Niat mereka awalnya adalah mengolok-olok bitcoin.

Oleh sebab itu, tampilan Dogecoin cukup unik karena logonya menggunakan kepala anjing Shiba Inu. Sekilas, tampilannya tidak jauh berbeda dengan bitcoin.

Sementara itu, fungsi Dogecoin tak ubahnya dengan mata uang kripto lainnya, yakni untuk transaksi secara peer-to-peer secara terdesentralisasi, sehingga bitcoin dapat dikirimkan kepada siapapun di seluruh dunia

Namun, salah satu penggunaan khas dogecoin adalah sebagai tip dalam sebuah sistem di media sosial Reddit dan Twitter. Biasanya, dogecoin diberikan sebagai penghargaan kepada pembuatan atau berbagi konten berkualitas.

Dukungan Elon Musk kepada dogecoin sendiri sudah terjadi beberapa kali. Sebelumnya, miliarder itu perna membuat utas mengenai dogecoin dalam akun Twitter.

"Doge," tulisnya. Selanjutnya, ia melampirkan sebuah foto roket yang terbang ke bulan.

Tak hanya itu, sang miliarder itu membuat sebuah meme dari salah satu adegan terkenal film kartun The Lion King. Namun, Elon Musk mengganti wajah Simba menjadi gambar anjing Shiba Inu yang merupakan logo Dogecoin dan membuat meme dari wajahnya.

(ulf/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK