Rangkaian Goes to Sumatera Jadi Kado Ultah BPH Migas ke-18

BPH Migas, CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 15:55 WIB
Kegiatan Goes to Sumatera yang tuntas kembali ke Jakarta pada Sabtu (15/5) dini hari dipersembahkan kado spesial untuk ulang tahun BPH Migas ke-18. Kegiatan Goes to Sumatera yang tuntas kembali ke Jakarta pada Sabtu (15/5) dini hari dipersembahkan kado spesial untuk ulang tahun BPH Migas ke-18. (Foto: Arsip BPH Migas)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim BPH Migas berhasil menuntaskan rangkaian kunjungan Goes to Sumatera dalam rangka pengawasan ketersediaan dan distribusi BBM di bulan Ramadan dan Idulfitri 1442 H selama 13 hari dengan sampai di Jakarta pada Sabtu (15/5) dini hari.

Kedatangan tim disambut langsung oleh Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa atau Ifan yang juga serta dalam perjalanan darat dari Jakarta ke Aceh. Karena panggilan tugas, ia pulang lebih dulu ke Jakarta. Sub-koordinator Pengawasan Ketersediaan BBM Rudi Wimbarso melaporkan langsung kedatangannya bersama tim.

"Alhamdulillah, perjalanan lancar walaupun ada sedikit kendala pecah ban, dua kali accident dan lain-lain, namun anggota tim kompak, ikhlas, bahu membahu mengatasi masalah, juga dukungan sinergis terutama teman-teman Pertamina di berbagai tempat yang disinggahi, juga ASDP Bakauheni dan Merak, semua masalah bisa teratasi," ujar Rudi.


Ifan mengatakan, perjalanan ke Aceh ditempuh dalam waktu 134 jam berkendara dengan jarak 5.500 km lebih. Ia menilai perjalanan Goes to Sumatera bak perjalanan Alexander The Great dari Macedonia, Yunani sampai ke India, atau perjalanan invasi Napoleon Bonaparte dari Perancis ke Rusia.

"Saya sebagai Kepala BPH Migas salut dan bangga dengan mental dan kekompakan Tim BPH Migas," kata Ifan yang mengaku bangga dan bersyukur atas kepulangan tim.

Kegiatan turun langsung ke lapangan ini sekaligus menjadi pematangan hasil pelatihan karakter di Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar beberapa waktu lalu. Ifan berharap ke depannya kegiatan serupa dapat dilakukan di daerah lain juga.

Menurutnya, ada beberapa manfaat dari kegiatan Goes to Sumatera, antara lain melihat realita di lapangan, serta mengatasi masalah terkait tupoksi BPH Migas sehingga manfaat eksistensi BPH Migas untuk menjamin ketersediaan dan distribusi Migas di seluruh wilayah NKRI semakin nyata. Adapun, kekurangan dan kelebihan akan menjadi bahan evaluasi selanjutnya demi BPH Migas yang semakin maju dan mandiri.

Selama 18 tahun berdiri, lanjut Ifan, baru kali dilaksanakan perjalanan darat keliling Sumatera oleh BPH Migas. Hal tersebut jadi lebih istimewa karena ulang tahun BPH Migas ke-18 jatuh pada Kamis (13/5) lalu.

"Saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman Pertamina MOR 1 dan 2, SAM maupun SBM wilayah yang dilewati, yang dengan tulus membantu dan mendukung kegiatan ini, juga bantuan kelancaran dari ASDP Bakauheni dan Merak, sangat berarti untuk suksesnya Posko BPH Migas Goes to Sumatera, dalam rangka pengawalan distribusi dan ketersediaan BBM di bulan Ramadahan dan hari Raya Idul Fitri 1442 H," ujar Ifan.

Perjalanan BPH Migas dimulai pada Selasa (4/5) dari Jakarta menuju Lampung, Palembang, Sorolangun, Kerinci, Bukit Tinggi, Parapat, Samosir, Meulaboh, Aceh Selatan dan tiba di Banda Aceh pada Senin (10/5). Setelah sampai di provinsi ujung barat Indonesia, perjalanan dilanjutkan kembali melewati Biereun, Lhokseumawe menuju Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, melewati penyebrangan Bakauheni-Merak, hingga pada Sabtu (15/5) pukul 00.15 WIB rombongan tiba kembali di kantor BPH Migas, Jakarta Selatan.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK