PUPR Sebut 1 Bendungan Pengendali Banjir DKI Kelar Juli 2021

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 08:24 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan pembangunan Bendungan Ciawi yang diharapkan menjadi pengendali banjir Jakarta sudah selesai 71 persen. Kementerian PUPR menargetkan Bendungan Ciawi kelar Juli 2021. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi Bendungan Ciawi yang merupakan salah satu bendungan pengendali banjir di Jakarta bisa rampung pada Juli 2021.

Target ia buat berdasarkan perkembangan konstruksi dan pembebasan lahan.

"Untuk pembebasan lahan saat ini sudah selesai," katanya seperti dikutip dari website pu.go.id, Senin (17/6).


Sementara itu untuk konstruksi bendungan, sampai dengan Mei ini sudah sebesar 71 persen. Ia berharap beresnya pembebasan lahan akan semakin mempercepat proses konstruksi bendungan. 

Setelah rampung, Menteri Basuki berpesan agar kondisi sekitar bendungan kembali dihijaukan dengan ditanami pohon. Hal ini sebagai konservasi alam pada area sabuk hijau atau greenbelt.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan Bendungan Ciawi memiliki volume tampung 6.05 juta m3 dan luas genangan 39.40 hektare. Kalau jadi bendungan diharapkan dapat mengurangi debit banjir ke Jakarta sampai dengan 111,75 m3 per detik.

[Gambas:Video CNN]



(agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK