Pengertian, Tujuan, dan Cara Kerja Tax Amnesty

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/05/2021 15:16 WIB
Indonesia merupakan negara yang turut menerapkan tax amnesty atau pengampunan pajak. Simak pengertian, tujuan, dan cara kerja tax amnesty. Indonesia merupakan negara yang turut menerapkan tax amnesty atau pengampunan pajak. Simak pengertian, tujuan, dan cara kerja tax amnesty. (Foto: iStockphoto/designer491)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tax Amnesty atau pengampunan pajak merupakan sebuah program yang digaungkan oleh Kementerian Keuangan di bawah naungan Direktorat Jenderal Pajak.

Program ini dibentuk karena sebagian masyarakat Indonesia masih belum dan enggan melaporkan pajaknya. Salah satu yang jadi kendala adalah masyarakat masih kesulitan menghitung Pajak Penghasilan (PPN).

Oleh sebab itu, Kementerian Keuangan mencetuskan Tax Amnesty yang bertujuan untuk menghapuskan denda keterlambatan pembayaran pajak.



Pengertian Tax Amnesty

Tax Amnesty adalah penghapusan pajak yang seharusnya dibayar dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan. Hal ini diatur dalam UU No. 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak.

Dalam undang-undang ini juga disebutkan, wajib pajak hanya perlu mengungkap harta dan membayar tebusan pajak sebagai pajak pengampunan atas harta yang selama ini tidak pernah dilaporkan.


Tujuan Tax Amnesty

Petugas pajak melayani warga yang mengikuti program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Kantor Direktorat Jendral Pajak, Jakarta, Jum'at (31/3).  Untuk memberikan akses yang lebih luas kepada Wajib Pajak di wilayah  Jakarta,   Ditjen Pajak memperluas layanan penerimaan Surat Pernyataan Harta di empat lokasi yaitu Kantor Pusat Ditjen Pajak, Kantor Wilayah DJP Jakarta, Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar dan KPP Madya Wilayah Jakarta . ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah/pd/ 17.Petugas melayani warga yang mengikuti program Tax Amnesty di Kantor Dirjen Pajak, Jakarta (Tax Amnesty Indonesia, Foto: ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah)

Negara lain yang sudah menerapkan pengampunan pajak antara lain Australia, Belgia, Kanada, Jerman, Yunani, Italia, Portugal, Rusia, Afrika Selatan, Spanyol, dan Amerika Serikat.

Amnesti pajak dilakukan untuk menarik uang dari para wajib pajak yang disinyalir menyimpan secara rahasia di negara-negara bebas pajak.

Sementara itu, terdapat manfaat dan tujuan tax amnesty Indonesia bagi para wajib pajak, di antaranya:

1. Meningkatkan Pemasukan Negara dari Pajak

Pajak merupakan sumber pemasukan utama pemerintah yang digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat umum.

Dengan Amnesti Pajak diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak dalam jangka pendek.


2. Mendorong Repatriasi Modal dan Aset

Pengampunan pajak juga bertujuan untuk membangun kesadaran dan kejujuran wajib pajak untuk melaporkan harta kekayaannya secara sukarela.

Dengan demikian, diharapkan modal atau kekayaan para wajib pajak yang berada di luar negeri akan kembali ke Indonesia sehingga berdampak pada perbaikan perekonomian di dalam negeri.


3. Transisi Menuju Sistem Perpajakan yang Baru

Amnesti Pajak dapat dijustifikasi ketika pengampunan pajak dipakai sebagai alat transisi dari sistem perpajakan yang lama ke sistem perpajakan yang baru.


4. Meningkatkan Kepatuhan Membayar Pajak

Dengan memberikan pengampunan pajak kepada wajib pajak yang selama ini tidak atau belum membayar pajak, diharapkan wajib pajak tersebut tidak dapat lagi menghindar dari kewajibannya membayar pajak di kemudian hari.

Cara Kerja Tax Amnesty

Untuk para wajib pajak yang belum melaporkan pajaknya atau melakukan keterlambatan pembayaran pajak, dapat mencoba Tax Amnesty ini. Berikut caranya:


1. Lapor Amnesti Pajak ke KPP atau Online

Anda bisa mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat di kota Anda atau di luar negeri, tergantung wilayah terdekat.

Proses ini harus dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri dan tidak bisa diwakilkan oleh siapa pun termasuk konsultan pajak. Sebab ada proses pendataan yang bersifat rahasia.

Selain Anda datang ke kantor pelayanan pajak, Anda dapat melakukan pelaporan pajak secara online. Sudah tersedia software akutansi yang dapat membantu Anda dalam membuat laporan pajak.

Tanpa perlu datang ke kantor pajak, Anda sudah dapat melaporkan pajak secara online dengan menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi dengan pajak.


2. Menyetorkan Surat Pernyataan Aset

Proses selanjutnya adalah menyetorkan surat pernyataan aset kepada petugas pajak. Sebelum menyetorkan surat pernyataan aset Anda memerlukan perhitungan penyusutan aset dalam akutansi.

Anda harus mengetahui metode penyusutan aset tetap bisnis dalam akutansi agar tidak ada kelebihan bayar pajak.

Data-data dan dokumen yang akan dilaporkan wajib data yang asli dan sesuai. Selanjutnya wajib pajak akan mendapatkan surat keterangan dalam waktu kurang dari 10 hari sejak melaporkan surat pernyataan aset.


3. Penghapusan dan Pembebasan Sanksi

Proses yang tidak kalah penting selanjutnya adalah proses pemberian fasilitas pemberian pajak, termasuk pembebasan dari sanksi pidana dan juga administrasi.

Itulah pengertian, tujuan, dan cara kerja Tax Amnesty di Indonesia. Meskipun pemerintah menerapkan program Tax Amnesty, diharapkan masyarakat Indonesia tidak telat dalam membayar pajak.

(din/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK