Anies Ingin Karyawan Naik Sepeda ke Kantor Diberi Insentif

CNN Indonesia | Jumat, 04/06/2021 09:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai perusahaan perlu memberi insentif agar semakin banyak warga yang mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai perusahaan perlu memberi insentif agar semakin banyak warga yang mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin pengusaha ibu kota memberikan insentif bagi karyawan yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke kantor.

Anies mengusulkan insentif bisa berupa kredit sepeda hingga subsidi premi asuransi. Tak hanya itu, ia juga ingin agar perusahaan menyediakan tempat mandi (shower) untuk pekerja yang 'gowes' ke kantor.

"Kami ingin dorong dan kami berharap perusahaan, kantor-kantor memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda, misalnya diberikan insentif kredit sepeda," jelas Anies pada pembukaan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 Kementerian Perhubungan, Jumat (4/6).


Anies menyebut insentif dan kemudahan penting untuk diberikan agar semakin banyak warga yang mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekedar untuk olah raga semata.

Dia juga mengusulkan agar perusahaan menyediakan sepeda di tempat kerja untuk dimanfaatkan karyawan untuk kegiatan jarak pendek. Misalnya, makan siang, rapat kerja, dan sebagainya.

"Kita berkepentingan sama-sama membuat warga lebih sehat dan kota lebih bersih. Nantinya, kita akan merasakan kota urban yang kondisinya lebih sehat," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, eks menteri pendidikan dan kebudayaan ini menyatakan bakal menambah jalur sepeda di ibu kota hingga 170 kilometer (km) sampai akhir tahun.

Saat ini, jalur sepeda yang disediakan sepanjang 63 km. Sehingga, targetnya pada akhir tahun jumlah akan bertambah dua kali lipat lebih dari jalur yang sudah ada.

"Insyallah di akhir tahun akan ada tambahan 117 km, jadi insyallah di akhir tahun kita akan punya lebih dari 170 km jalur sepeda," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



 

(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK