Pengusaha Respons Usul Anies Beri Insentif Pekerja Gowes

CNN Indonesia | Jumat, 04/06/2021 11:50 WIB
Sejumlah pengusaha menilai pemberian insentif bagi pekerja yang naik sepeda ke kantor belum menjadi prioritas. Sejumlah pengusaha menilai pemberian insentif bagi pekerja yang naik sepeda ke kantor belum menjadi prioritas. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Benny Soetrisno menilai usulan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar perusahaan memberikan insentif bagi karyawan yang 'gowes' ke tempat kerja bukan prioritas.

Walau menyambut baik inisiatif tersebut, ia mengaku belum dapat melihat implementasinya secara serentak dalam waktu dekat. Pasalnya, masih banyak pengusaha yang terdampak pandemi dan memprioritaskan kesehatan bisnis dan keuangan perusahaan.

"Bisa tidaknya lihat perusahaannya, kalau kasnya pas-pasan bahkan minus pasti enggak bisa. Imbauannya bagus untuk kurangin emisi juga (tapi) bukan prioritas," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (4/6).


Benny menilai pengusaha bisa saja memberikan insentif tersebut. Namun, ia tidak dapat memastikan kapan insentif bisa mulai diberikan.

Adapun insentif yang diusulkan Anies berupa kredit sepeda hingga subsidi premi asuransi. Selain itu, ia juga ingin agar perusahaan menyediakan tempat mandi (shower) untuk pekerja yang mengendarai sepeda ke kantor.

Ketua DPN Apindo Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah Adi Mahfudz WH juga menyambut baik inisiatif Anies. Sayangnya, ia menilai keinginan Anies agar sepeda digunakan sebagai transportasi pekerja tidak realistis.

Ia menyebut Indonesia belum memiliki budaya bertransportasi menggunakan sepeda seperti di luar negeri seperti di Jepang, Belanda, Jerman, dan negara maju lainnya.

Selain itu, sambung Adi, infrastruktur belum mendukung budaya gowes ke tempat kerja seperti jalur sepeda yang belum merata.

"Inisiatifnya baik tapi harus dikaji dulu infrastrukturnya seperti apa," ucapnya.

Pada pembukaan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 Kementerian Perhubungan, Anies meminta kepada para pengusaha DKI untuk memberi insentif bagi karyawan untuk mendorong budaya gowes ke tempat kerja.

Selain baik untuk kesehatan, Anies berharap semakin dengan semakin banyak pekerja yang bersepeda ke kantor, semakin cepat polusi ibu kota bisa ditekan.

"Kita berkepentingan sama-sama membuat warga lebih sehat dan kota lebih bersih. Nantinya, kita akan merasakan kota urban yang kondisinya lebih sehat," katanya.

Dia juga mengusulkan agar perusahaan menyediakan sepeda di tempat kerja untuk dimanfaatkan karyawan untuk kegiatan jarak pendek. Misalnya, makan siang, rapat kerja, dan sebagainya.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK