OJK Sumbar Dukung Bank Nagari Beralih Jadi Bank Umum Syariah

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 10:50 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat mendukung proses konversi BPD Sumbar (Bank Nagari) menjadi bank umum syariah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat mendukung proses konversi BPD Sumbar (Bank Nagari) menjadi bank umum syariah. Ilustrasi. (Antara/Mutiara)
Jakarta, CNN Indonesia --

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat (Sumbar) mendukung proses konversi Bank Pembangunan Daerah Sumbar atau Bank Nagari menjadi bank umum syariah. Peralihan itu sebelumnya sudah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

"Kita akan bantu seoptimal mungkin untuk kinerja pemerintah Sumbar, termasuk konversi Bank Nagari menjadi Bank Nagari Syariah," kata Kepala OJK Sumbar Yusri di Padang, Senin usai bertemu Gubernur Sumbar Mahyeldi, seperti dikutip dari Antara.

OJK, sambung Mahyeldi, siap mengemban tugas mengoptimalkan program Pemerintah Daerah terkait keuangan di daerah. Untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya mendorong pemegang saham melakukan berbagai sosialisasi untuk konversi Bank Nagari agar resmi ditabuh saat rapat pemegang saham.


"Kami berharap, para pemegang saham sudah menyetujui dan semuanya kompak serta setuju, tidak ada yang menolak," ujarnya.

Para pemegang saham yaitu bupati dan wali kota sendiri secara aklamasi telah menyetujui Bank Nagari berubah menjadi Bank Nagari Syariah. Persetujuan juga telah diberikan oleh direksi dan komisaris.

"Dukungan dari semua termasuk dari OJK dan pihak Bank Nagari sendiri dibutuhkan karena ini menjadi semangat kita bersama, termasuk para direksi, komisaris dan seluruh pemegang saham sudah sepakat," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Mahyeldi menuturkan masyarakat Sumbar dikenal menjunjung tinggi prinsip Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, sehingga kebijakan yang diambil Bank Nagari konversi ke syariah merupakan langkah tepat.

Selain meminta dukungan terkait perubahan status Bank Nagari, Mahyeldi juga mengajak OJK ikut andil mewujudkan Sumbar Madani melalui ekonomi kerakyatan. Dalam hal ini, OJK bisa hadir dalam mendorong pembiayaan perbankan untuk membantu masyarakat terutama petani.

[Gambas:Video CNN]



(Antara/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK