Ramalan Antam soal Harga Emas Sampai Akhir Tahun

CNN Indonesia | Rabu, 23/06/2021 08:27 WIB
Antam memproyeksikan harga emas yang diperjualbelikan oleh perusahaan akan tetap berada di kisaran yang sama seperti saat ini sampai akhir 2021. Antam memproyeksikan harga emas yang diperjualbelikan oleh perusahaan akan tetap berada di kisaran yang sama seperti saat ini sampai akhir 2021.(CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Aneka Tambang (Persero) Tbk memproyeksikan harga emas yang diperjualbelikan oleh perusahaan akan tetap berada di kisaran yang sama seperti saat ini sampai akhir 2021.

"Kalau proyeksi, saya pikir di tengah situasi pandemi ini, harga emas relatively akan sama dengan hari-hari belakang ini," ungkap Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis Antam Risono dalam acara peluncuran kolaborasi Antam x Hartadinata secara virtual, Selasa (22/6).

Sebagai gambaran, hari ini harga jual emas Antam berada di kisaran Rp932 ribu per gram. Sementara menurut pantauan CNNIndonesia.com, harga jual emas Antam mencapai level tertinggi di angka Rp975 ribu per gram pada Januari 2021 dan terendah Rp903 ribu per gram pada Maret 2021.


Risono mengatakan proyeksi harga emas Antam kemungkinan masih cenderung sama dengan kisaran saat ini sampai akhir tahun karena fluktuasi harga emas mengikuti dinamika harga di pasar internasional.

"Mekanisme harga tentu sama seperti standar harga Antam yang mengikuti harga emas dunia, jadi ketika harga emas (di pasar internasional) naik, ya (harga emas Antam) naik, ketika harga emas turun, ya turun," katanya.

Acuan harga tersebut, sambungnya, kemudian disesuaikan dengan nilai tukar rupiah di pasar. Maka dari itu, realisasi harganya juga dipengaruhi oleh kurs rupiah terhadap dolar AS.

Kendati begitu, Risono percaya diri bahwa investasi emas tetap akan menjadi salah satu instrumen pilihan masyarakat, meski harganya tak secemerlang saat pandemi baru menyebar di tanah air, yaitu pada 2020.

"Kalau dilihat di 2020, untuk sektor emas batangan mencapai rekor selama ini karena kita serius garap investasi emas batang di dalam negeri. Jadi ini di 2021 ini masih cukup baik mengingat tingkat kepercayaan masyarakat di investasi emas batangan di tengah situasi yang belum menentu ini, tentu emas adalah pilihan investasi secara aman," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(uli/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK