Kementerian PUPR Tambah 16 Bangunan Jadi RS Darurat Covid-19

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 13:02 WIB
Kementerian PUPR menyiapkan 16 bangunan yang akan dikonversi menjadi rumah sakit darurat covid-19. Bangunan itu tersebar di Jakarta, Solo, hingga Bali. Kementerian PUPR menyiapkan 16 bangunan yang akan dikonversi menjadi rumah sakit darurat covid-19. Bangunan itu tersebar di Jakarta, Solo, hingga Bali. Ilustrasi. (AP/Kalandra).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian PUPR menyiapkan 16 bangunan yang akan dikonversi menjadi fasilitas rumah sakit darurat covid-19. Bangunan itu berada di tujuh kawasan perkotaan, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, dan Bali.

"Sesuai dengan tugas yang diberikan pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit," ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Kamis (22/7).

Basuki menjelaskan pihaknya telah mengubah fungsi Asrama Haji di Pondok Gede menjadi rumah sakit darurat untuk penanganan covid-19. Asrama Haji itu memiliki lima gedung dan 900 tempat tidur.


Sementara, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja mengatakan Asrama Haji Pondok Gede yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit covid-19 dan tenaga kesehatan adalah Gedung A, Gedung B, Gedung C, Gedung H, Gedung D3, Gedung D4, dan Gedung D5.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, Kementerian PUPR juga menyiapkan rumah susun (rusun) di Pasar Rumput dan Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Endra menjelaskan ada tiga tower di rusun Pasar Rumput yang dimanfaatkan untuk penanganan covid-19. Rinciannya, tower 1 terdiri dari 689 unit dengan total 2.067 tempat tidur, tower 2 terdiri dari 606 unit dengan total 1.818 tempat tidur, tower 3 terdiri dari 689 unit dengan total 2.067 tempat tidur.

Sementara, hanya beberapa lantai di Gedung PKIA Kiara RSCM yang digunakan untuk penanganan covid-19, yakni lantai 3-5 dan 8-10 dengan total 394 tempat tidur.

"Penyelesaian renovasi gedung PKIA Kiara RSCM paling lambat selesai pada tiga pekan ke depan," imbuh Hendra.

Selanjutnya, terdapat dua fasilitas di Bali dan empat fasilitas di Yogyakarta. Fasilitas-fasilitas itu beroperasi mulai Senin (19/7) kemarin.

"Sedangkan terdapat setidaknya tiga fasilitas RS Darurat covid-19 di Bandung yang disiapkan dan diperkirakan mulai beroperasi Rabu," tutur Endra.

Lalu, Kementerian PUPR sedang menyiapkan RS Indrapura Surabaya untuk menjadi layanan pasien covid-19. Renovasi rumah sakit itu diproyeksi rampung pada awal Agustus 2021.

"Kementerian PUPR juga tengah menyiapkan fasilitas isolasi dan perawatan covid-19 di Semarang dan Solo Raya yang diperkirakan dapat beroperasi mulai Kamis 22 Juli 2021," pungkas Endra.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK