Cara Memulai Usaha Online bagi Pemula agar Jualan Sukses

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 19:25 WIB
Membuka bisnis online harus dimulai dengan persiapan matang. Simak cara memulai usaha online bagi pemula agar bisnismu sukses dan berkelanjutan. Membuka bisnis online harus dimulai dengan persiapan matang. Simak cara memulai usaha online bagi pemula agar bisnismu sukses dan berkelanjutan. (Foto: iStockphoto/CrispyPork)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbisnis atau usaha secara daring banyak dipilih orang karena dianggap lebih mampu menekan modal namun memberikan keuntungan yang lebih besar.

Berjualan online dapat dilakukan oleh remaja dan dewasa dan dapat dilakukan bagi pemula maupun yang berpengalaman.

Memulai usaha online tidak serta merta dapat dimulai tanpa persiapan matang. Agar usaha online berkelanjutan, ada baiknya Anda memahami strategi dari bisnis yang akan digeluti.


Berikut panduan awal cara memulai usaha online bagi pemula agar bisnismu sukses.

1. Temukan ide bisnis

Secara umum hampir semua usaha online hebat dimulai dari sebuah ide kreatif. Walaupun produk atau jasa yang ditawarkan sama namun ada kelebihan yang menjadi pembeda.

Untuk mendapatkan ide, Anda bisa mulai dari melihat keterampilan, keahlian, hobi dan pengetahuan yang Anda miliki, merujuk Fiverr.

Anda bisa mendiskusikan ide tersebut kepada kerabat atau keluarga. Jika dirasa kurang, Anda jangan ragu belajar untuk menambah pengetahuan dan keahlian.


2. Pikir dengan matang produk yang dijual online

Ilustrasi brainstormingCara memulai usaha online bagi pemula adalah dengan memikirkan matang produk yang akan dijual (Foto: Startup Stock Photos via StockSnap)

Setelah melakukan brainstorming ide usaha online, langkah berikutnya menentukan produk yang dijual secara online dan seperti apa konsepnya.

Terlebih untuk produk tertentu seperti baju, tas, perhiasan, jeans, furniture, dan lain sebagainya apakah akan Anda buat sendiri berdasarkan pesanan, rekanan atau kerja sama, maupun dropshipping.


3. Pahami kondisi pasar dan segmentasinya

Barang atau jasa yang akan Anda jual sebagai usaha online pasti memiliki pangsa pasar tersendiri.

Pertama-tama selami seluk beluk barang atau jasa yang akan Anda jual. Kemudian buat catatan kecil kebutuhan seperti apa yang diminati pasar.

Dalam memahami area fokus minat bisnis Anda, pelajari juga karakteristik pasar seperti jenis kelamin, status sosial, dan usia dominan dari calon pembeli produk Anda.

Pahami juga cara memasarkan produk Anda agar terfokus kepada pangsa pasar yang Anda tuju.

Tips memulai usaha online bagi pemula berlanjut di halaman berikutnya...

Cara Memulai Usaha Online bagi Pemula

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK