Tanijoy Klaim Bakal Kembalikan Dana Investor dalam 3 Tahun

CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 19:01 WIB
Tanijoy mengklaim sudah mencapai kesepakatan terkait pengembalian dana investor yang tertunggak dengan Himpunan Pendana. Tanijoy mengklaim sudah mencapai kesepakatan terkait pengembalian dana investor yang tertunggak dengan Himpunan Pendana. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Tanijoy Agriteknologi Nusantara atau Tanijoy mengklaim akan mengembalikan dana investor yang hingga saat ini masih tertunggak. Namun, dana akan dibayar secara bertahap dalam waktu 3 tahun.

Perusahaan menyebut pengembalian bisa dilakukan lebih awal, tergantung pada penagihan kepada mitra tani. Dalam skenario terburuk, waktu pengembalian yang ditetapkan adalah 3 tahun.

"Metode pengembalian yang dilakukan nantinya akan disesuaikan dengan urutan antrian yang dimiliki oleh Tanijoy dan disesuaikan dengan urgensitas yang dimiliki oleh Himpunan Pendana," jelasnya lewat rilis, Senin (2/8).


Tanijoy menyebut keputusan merupakan kesepakatan yang disetujui oleh perusahaan yang diwakili Direktur Utama Tanijoy Nanda Putra dengan Ketua Himpunan Pendana Fadhillah. Kesepakatan diambil lewat pertemuan daring lewat Zoom pada Kamis (29/7) lalu.

"Hasil pertemuan dengan perwakilan pendana sudah mencapai titik solutif yang disepakati bersama. Besar harapan kami poin-poin kesepakatan tersebut dapat menjadi salah satu bentuk itikad baik dari kami dalam menyelesaikan dinamika ini," tambah Tanijoy.

Ia menjelaskan bahwa perusahaan tak berniat melarikan dana sekitar Rp4 miliar milik investor. Tanijoy menyebut kendala pembayaran dikarenakan keterlambatan pembayaran oleh mitra tani akibat gagal panen, force majeure pandemi, dan kerugian usaha tani.

"Sehubungan dengan adanya pernyataan yang beredar baik di media massa maupun media sosial, berkenaan dengan dugaan penggelapan dana sebesar kurang lebih Rp4,5 milliar adalah tidak benar," jelasnya.

Dihubungi secara terpisah, Fadhillah menyebut wakil investor memang sudah dilakukan pertemuan dengan Tanijoy. Namun, belum ada kesepakatan apa pun dari kedua pihak.

"Belum ada kesepakatan resmi ya, masih proses menuju kesepakatan," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, viral di jagat dunia maya pengakuan dari beberapa investor Tanijoy yang mengaku dirugikan senilai Rp4 miliar. Mereka menyebut manajemen Tanijoy menghilang dan sulit dihubungi.

Mereka juga mencurigai dana yang mereka investasikan tidak pernah sampai ke petani. Kecurigaan muncul karena beberapa investor mendapat update proyek dengan foto sama meski proyek yang didanai berbeda.

Menelusuri ke mitra tani Tanijoy, investor menyebut petani mengaku sudah tidak bekerja sama lagi dengan perusahaan. Hingga saat ini, investor masih menunggu pengembalian dana mereka.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK