3 Cara Mengaktifkan Kembali Kartu ATM yang Terblokir

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 18 Agu 2021 17:05 WIB
Kartu ATM terblokir merupakan salah satu masalah yang biasa terjadi dalam menggunakan layanan perbankan. Berikut cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir. Kartu ATM terblokir merupakan salah satu masalah yang biasa terjadi dalam menggunakan layanan perbankan. Berikut cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir. (Foto: iStockphoto/ilkaydede)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kartu ATM yang terblokir merupakan salah satu masalah yang bisa terjadi dalam menggunakan layanan perbankan. Artikel ini akan mengulas cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir.

Penyebab ATM umumnya lantaran kesalahan dalam memasukkan PIN ATM setelah tiga kali mencoba. Hal lain yang dapat menyebabkan pemblokiran adalah kartu ATM tertelan dan permintaan Anda sendiri.

Pemblokiran perlu dilakukan untuk menghindari risiko kesalahan merugikan yang mungkin saja dilakukan oleh orang lain.

Saat ini membuka blokir kartu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut tiga cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir, di antaranya dapat dilakukan tanpa ke bank.

ilustrasi debit atm dan kartu kreditCara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

1. Membuka blokir dari layanan Call Center

Setiap bank penerbit kartu ATM memasang nomor layanan Call Center pada mesin ATM-nya. Jika pada saat kartu terblokir Anda berada di depan mesin ATM penerbit kartu Anda dapat segera menelepon Call Center dan ikuti instruksi yang diminta.

Anda akan diminta melakukan verifikasi sejumlah data yang bertujuan memastikan bahwa Anda adalah pemilik kartu tersebut dan bukan orang lain.

Proses pembukaan blokir biasanya hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Jika kartu tertelan dan Anda melakukan pemblokiran, maka pembukaan kartu harus dilakukan ke bank penerbit terdekat.

Pasalnya, selain verifikasi Anda juga akan membuat kartu baru. Pembuatan kartu baru karena tertelan biasanya terkena biaya administrasi dengan besaran yang berbeda setiap bank.


2. Membuka blokir dari bank penerbit kartu

Pembukaan blokir dengan mendatangi bank terjadi biasanya jika kartu ATM Anda tertelan atau lupa kode pin. Untuk membuka kartu yang terblokir, Anda membutuhkan beberapa dokumen seperti:

  • Buku tabungan
  • KTP
  • Kartu ATM (jika lupa pin namun tidak tertelan)

Sebelum pergi ke bank, telepon Call Center terlebih dahulu untuk memastikan apakah pengurusan kartu bisa dilakukan di kantor cabang bank penerbit kartu terdekat atau harus dilakukan di bank tempat Anda membuat atau membuka rekening.

Proses ini biasanya ada pada beberapa bank tertentu. Siapkan juga sejumlah uang pecahan jika pada proses pembukaan Anda dikenakan biaya administrasi oleh bank.


3. Membuka blokir dari aplikasi perbankan

Proses transaksi keuangan kini semakin mudah dengan hadirnya layanan aplikasi perbankan. Setiap bank mengembangkan dan melahirkan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis pada Play Store dan App Store.

Aplikasi perbankan menyediakan ragam fitur, salah satunya customer service digital. Pada beberapa bank, layanan berbentuk layanan tukar pesan WhatsApp atau Live Chat dari aplikasi.

Namun pastikan terlebih dahulu apakah kota tempat Anda tinggal menyediakan layanan CS digital, mengingat cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir melalui layanan CS digital biasanya terbatas dan masih berada di kota-kota besar.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER