Jokowi: Tol Pertama di Kalimantan, Ruas Balikpapan-Samarinda

CNN Indonesia
Selasa, 24 Aug 2021 17:21 WIB
Presiden Jokowi mengatakan jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan tol pertama di Pulau Kalimantan. Presiden Jokowi mengatakan jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan tol pertama di Pulau Kalimantan.(Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan tol pertama di Pulau Kalimantan. Seluruh seksi di ruas tersebut sudah rampung dan diresmikan.

"Ini menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Ini capaian yang patut kami syukuri," ungkap Jokowi dalam Peresmian Ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja, Selasa (24/8).

Jokowi menjelaskan pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Hal ini agar pembangunan infrastruktur tak terpusat di Pulau Jawa saja.


"Kami harapkan dengan jalan tol ini akan tercipta titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," imbuh Jokowi.

Ia juga berharap jalan tol Samarinda-Balikpapan dapat memperbaiki jaringan logistik di dalam negeri. Dengan demikian, biaya logistik bisa turun.

"Perbaikan jaringan logistik, lebih efisien, lebih cepat, perbaiki daya saing dan komoditas yang diproduksi di Kalimantan," terang Jokowi.

Selain itu, Jokowi berharap agar produk ekspor dari Kalimantan juga memiliki daya saing tinggi jika biaya logistik turun. Dengan begitu, perekonomian di Kalimantan bisa semakin baik.

"Produk ekspor dari provinsi ini akan memiliki daya saing tinggi, sehingga menjadikan ekonomi di Kalimantan semakin efisien dan kompetitif," jelas Jokowi.

Diketahui, Jokowi baru saja meresmikan jalan tol seksi Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan seksi 5. Jalan tol seksi 1 ini meliputi Balikpapan-Samboja, sedangkan seksi 5 Sepinggan-Balikpapan.

Jalan tol ini merupakan salah satu akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Secara total, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,99 Km, terbagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi 5 ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 Km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 Km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,30 Km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 Km).

[Gambas:Video CNN]



(aud/age)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER