Waktu Dine In Ditambah, Pengunjung Mal Diharapkan Meningkat

CNN Indonesia | Selasa, 07/09/2021 11:58 WIB
Pengunjung mal diharapkan meningkat setelah waktu makan di restoran (dine in) dari 30 menit menjadi 60 menit selama PPKM perpanjangan 7-13 September. Pengusaha berharap pengunjung mal meningkat setelah waktu makan di restoran (dine in) dari 30 menit menjadi 60 menit selama PPKM perpanjangan 7-13 September. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) berharap pengunjung mal atau pusat perbelanjaan meningkat setelah pemerintah menambah waktu makan di restoran (dine in) dari 30 menit menjadi 60 menit. Hal ini berlaku selama masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali 7-13 September 2021.

Ketua Umum APPBI Alphonsus Widjaja mengungkapkan restoran menjadi destinasi utama pengunjung di mal. Dengan begitu, dia menilai penambahan waktu makan di tempat seharusnya dapat mengerek jumlah pengunjung.

"Selama pandemi ini restoran dan kafe telah menjadi salah satu destinasi utama di pusat perbelanjaan, sehingga diharapkan dengan pelonggaran atas waktu makan di tempat dapat meningkatkan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan," ungkapnya, kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/9).


Namun, ia tak menjelaskan lebih lanjut berapa target kenaikan pengunjung mal selama pelonggaran PPKM dilakukan. Pada akhir Agustus 2021, APPBI mencatat rata-rata pengunjung mal masih 15 persen-20 persen dari total kapasitas.

Sementara, Alphonsus juga berharap pemerintah dapat mengizinkan anak berusia kurang dari 12 tahun diizinkan masuk ke mal. Hal ini karena mal sudah jauh lebih aman dan taat protokol kesehatan.

"Semua orang yang berada di pusat perbelanjaan sudah divaksinasi sehubungan dengan pemberlakuan protokol tambahan, yaitu wajib vaksinasi," ujar Alphonsus.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan pemerintah memutuskan untuk melonggarkan waktu makan di restoran menjadi 60 menit.

"Penyesuaian waktu makan dalam mal menjadi 60 menit dengan kapasitas 50 persen," terang Luhut.

Luhut menerangkan pemerintah bakal melakukan uji coba protokol kesehatan dan PeduliLindungi untuk mal dan pusat perbelanjaan di Bali dengan batasan-batasan tertentu.

Diketahui, pemerintah memperpanjang pelaksanaan PPKM berbasis level di sejumlah daerah Jawa dan Bali mulai 7 sampai 13 September 2021. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19.

[Gambas:Video CNN]



(aud/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK