Wagub Jabar Klaim PLTB Ciemas Bakal Jadi Terbesar di Asia

CNN Indonesia | Kamis, 09/09/2021 04:55 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum memastikan PLTB Ciemas mulai dibangun karena eksplorasi telah selesai dilakukan. Pemprov Jawa Barat mengklaim PLTB di Ciemas bakal menjadi yang terbesar di Asia (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengklaim Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi yang tengah dibangun bakal menjadi yang terbesar di Asia.

"PLTB di Kecamatan Ciemas ini akan menjadi yang terbesar di Asia, saat ini eksplorasi sudah dilakukan, sehingga pembangunan dipastikan terlaksana," kata dia seperti diberitakan Antara, Kamis (9/9).

Uu menjelaskan bahwa PLTB di Ciemas akan sangat bermanfaat bagi pasokan listrik banyak keluarga. Bahkan tidak hanya di Sukabumi atau Jawa Barat, tetapi juga di lingkup nasional karena bisa memasok listrik cadangan negara.


Oleh karena itu, Pemprov Jawa Barat akan meminta Presiden Joko Widodo untuk segera mengeluarkan Peraturan Presiden tentang PLTB.

Terlebih, beberapa waktu lalu usai meresmikan PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan, Jokowi sempat menyebut Kabupaten Sukabumi akan memiliki pembangkit listrik serupa.

"PLTB Sidrap saat ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara, tetapi PLTB di Kecamatan Ciemas nantinya akan menjadi yang terbesar di Asia," katanya.

Uu mengatakan PLTB Ciemas bakal dioperasikan sekitar 300 orang. Dia ingin warga setempat turut berkontribusi dengan bekerja di sana. Tentu dengan syarat memiliki keahlian.

Uu lalu berharap masyarakat setempat bisa memanfaatkan peluang itu. Pemprov Jabar bakal membuat terobosan di bidang pendidikan agar warga setempat bisa bekerja di sana.

Ini akan menjadi kebanggaan warga Sukabumi dan Jabar, apalagi lokasinya tidak jauh dari objek wisata Geopark Ciletuh sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan," kata dia.

(Antara/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK