6 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 14:02 WIB
Daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia ini dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor ke berbagai negara. Daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia ini dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor ke berbagai negara. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia termasuk salah satu negara dengan gas alam melimpah. Beberapa wilayah di tanah air bahkan dapat memproduksi gas alam dengan kapasitas yang besar.

Sejak 2015, Indonesia masuk sebagai 10 besar negara di dunia yang banyak menghasilkan gas alam. Sementara pada kawasan Asia Pasifik, Indonesia berada di urutan ketiga negara dengan cadangan gas alam terbesar.

Gas alam merupakan salah satu bahan bakar fosil tidak terbarukan yang berasal dari pelapukan tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang terpendam di kerak bumi selama jutaan tahun.


Dibanding sumber energi lain, gas alam dikenal sebagai sumber energi dengan tingkat karbon dioksida yang rendah sehingga lebih ramah dengan lingkungan.

Melansir laman Kementerian ESDM, ada 6 daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia.

Foto udara kawasan kilang pencairan gas alam (Liquid Natural Gas) milik PT Badak Natural Gas Liquefaction (NGL) di Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (30/6). Kapasitas produksi PT Badak NGL rata-rata mencapai 17 juta metrik ton per tahunnya untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke Jepang, Korea dan Taiwan. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Rei/nz/15.Kawasan kilang pencairan gas alam di Bontang, Kalimantan Timur yang menjadi salah satu daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. (Foto: widodo S Jusuf)



1. Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Kabupaten Musi Banyuasin menempati urutan pertama daerah dengan cadangan gas alamnya.

Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah Kab. Musi Banyuasin telah membangun jaringan pipa gas guna menyuplai bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Daerah lain di Sumatera selatan yang memiliki cadangan gas alam besar selain Kab. Musi Banyuasin adalah Lahat, Muara Enim, Prabumulih, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu, dan Penukal Abab Lematang Ilir.

2. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan wilayah penghasil gas alam terbesar di Kalimantan. Sumber gas alam di Kalimantan Timur terpusat dalam Blok Mahakam yang dikelola oleh Pertamina.

Selain itu, kota dan kabupaten lain yang memiliki kandungan gas alam adalah Samarinda, Kab. Kutai Kartanegara, Kab. Penajam Paser Utara, dan yang terbesar di Bontang.

Di kota ini terdapat sejumlah perusahaan tambang besar di antaranya Badak NGL, Pupuk Kaltim, dan Indominco Mandiri.

Tak heran kota Bontang menyandang gelar sebagai kota industri di Kalimantan. Di kota ini juga, terdapat salah satu kilang gas alam berbentuk Liquified Natural Gas (LNG) terbesar di dunia.

3. Jambi

Provinsi Jambi menjadi nomor tiga penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Daerah yang menjadi ladang gas alam terbesar ini berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sementara daerah lain di Jambi yang juga kaya akan gas alam adalah Kab. Tanjung Jabung Timur, Kab. Batanghari, dan Kab. Muaro Jambi.

4. Kepulauan Riau

Gas alam merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Kepulauan Riau (Kepri). Energi dan mineral menjadi sektor yang cukup berperan besar dalam pembangunan daerah.

Gas alam disebut merupakan sektor industri utama Kepulauan Riau, dengan dua lokasi besar cadangan gas alam di Kepri--Natuna dan Anambas.


5. Papua Barat

Salah satu Kabupaten yang kaya cadangan gas alam di Papua Barat adalah Kabupaten Teluk Bintuni. Selain Kab. Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong juga diketahui memiliki cadangan gas alam yang cukup besar.

Kawasan Indonesia Timur disebut memiliki potensi gas alam yang besar dan baru 30 persen dieksplorasi. Belum maksimalnya eksplorasi potensi migas disebabkan kondisi geografis, geologi, dan infrastruktur di kawasan itu.


6. Jawa Barat

Posisi terakhir daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia adalah Jawa Barat. Cadangan gas alam di Jawa Barat tersebar di 6 kabupaten dan 1 kota.

Kabupaten Subang menjadi kabupaten penghasil gas alam terbesar di Jawa Barat, diikuti Kabupaten Karawang, Indramayu, Majalengka, Bekasi, dan Kota Bekasi.

Melansir laman Pemprov Jabar, potensi kandungan gas bumi di Jawa Barat bahkan 4 kali lebih banyak dibanding minyak bumi.

Meski besar, namun jumlah tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan ekspor dan cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Jawa Barat.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK