DPR Usulkan Pabrik Gula Milik RNI Dilebur ke SugarCo

CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 17:18 WIB
DPR RI mengusulkan pabrik gula milik RNI agar dilebur ke dalam holding gula BUMN yang dikepalai oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III yakni SugarCo. DPR RI mengusulkan pabrik gula milik RNI agar dilebur ke dalam holding gula BUMN yang dikepalai oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III yakni SugarCo.(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha).
Jakarta, CNN Indonesia --

DPR RI mengusulkan pabrik gula milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) agar dilebur ke dalam holding BUMN yang dikepalai oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III yakni SugarCo. Usulan ini disampaikan oleh anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid.

"Saya menyarankan kepada Pak Ghani (Dirut PTPN III) supaya konkrit dan komprehensif restrukturisasi industri gula, agar (pabrik gula) milik RNI juga dimasukkan ke dalam SugarCo Pak," ujar Nusron dalam RDP Komisi VI DPR RI dengan PTPN, Senin (20/9).

Dia menilai jika menggabungkan pabril gula RNI ke dalam SugarCo maka dapat membuat industri gula lebih efisien. Menurutnya ada beberapa pabrik gula yang tersebar di berbagai daerah di bawah naungan RNI. Di antaranya Subang, Cirebon, Jatitujuh, Jawa Timur, dan Yogyakarta.


Nusron menyadari kepemilikan pabrik gula RNI tidak bisa dilakukan dengan sekejap mata karena alasan hukum. Namun, dengan koordinasi bersama Komisi VI DPR RI ia optimis hal tersebut dapat terwujud.

Ia turut mencontohkan peleburan PT Phapros Tbk ke Kimia Farma dengan melepas 56 persen saham kepemilikan RNI di perusahaan farmasi tersebut pada 2019. Sebelumnya, PTPN telah membangun induk holding perusahaan industri pabrik gula pada 17 Agustus lalu.

Dengan nama PT Sinergi Gula Nusantara (SGN atau SugarCo) induk ini akan membawahi 35 pabrik gula yang sebelumnya dimiliki 7 PTPN. Nantinya, 51 persen saham SugarCo akan dikuasai oleh pemerintah melalui PTPN III dan 49 persen akan dilepas dan diberikan kepada investor.

Hingga 2024, produksi gula nasional ditargetkan akan mencapai 10 persen konsumsi gula nasional. Sehingga pemerintah memiliki cadangan gula yang lebih jika dibutuhkan untuk operasi pasar.

[Gambas:Video CNN]



(fry/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK