Cara Cek NPWP Online dengan KTP

Tim, CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 13:10 WIB
Bagi masyarakat yang kehilangan NPWP-nya bisa cek status NPWP dengan menggunakan nomor NIK KTP. Berikut cara cek NPWP online dari KTP. Bagi masyarakat yang kehilangan NPWP-nya bisa cek status NPWP dengan menggunakan nomor NIK KTP. Berikut cara cek NPWP online dari KTP. (Foto: cnnindonesia/safirmakki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP wajib dimiliki oleh setiap orang yang telah berpenghasilan.

Kepemilikan NPWP sama pentingnya dengan KTP karena terdapat beragam kegunaan, khususnya sebagai identitas untuk administrasi perpajakan.

Untuk mengetahui status pajak Anda, bisa dengan mengecek NPWP secara online tanpa perlu mendatangi kantor pajak (KPP) terdekat.


Merujuk situs resmi Online Pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) baru saja meluncurkan layanan untuk bisa cek NPWP dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan Kartu Keluarga (KK) pada 2021 ini.

Fasilitas tersebut tentu bermanfaat bagi masyarakat yang kehilangan NPWP-nya. Pengecekan NPWP dengan KTP atau KK ini dapat dilakukan karena data yang telah tersinkronisasi.

Cara Cek NPWP Online dengan KTP

identity card as identification for citizens of Indonesia, Aceh IndonesiaCara cek NPWP online dari KTP (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Muhsin Rina)

Berikut cara cek NPWP dengan menggunakan nomor NIK KTP dan KK.

  • Buka link https://ereg.pajak.go.id/ceknpwp
  • Masukkan 16 digit nomor KTP dan KK pada kolom yang disediakan
  • Ketikkan captcha atau kode keamanan, kemudian klik "Cari".

Pastikan data NIK KTP dan KK sudah sesuai untuk melakukan validasi NPWP. Dari keterangan tersebut, Anda selaku Wajib Pajak (WP) dapat mengetahui status NPWP masih aktif atau tidak.

Namun, apabila Anda juga kehilangan KTP, disarankan untuk mengurus KTP yang baru di Disdukcapil terlebih dahulu untuk kemudian dapat mengecek NPWP.


Cara Cek NPWP Online

Ilustrasi bekerja dengan komputer pangkuCara cek NPWP online melalui website resmi dan aplikasi DJP (Ilustrasi Foto: Picjumbo)

Bagi Anda yang tidak kehilangan kartu NPWP atau mengalami kendala apa pun, bisa langsung cek NPWP lewat dua cara berikut.

1. Website resmi

Cara cek NPWP online yang paling sering dilakukan yakni melalui website resmi.

Nomor dan identitas akan muncul secara otomatis jika status NPWP Anda masih aktif. Sebaliknya, bila identitas tidak muncul, berarti NPWP belum atau sudah tidak aktif.

2. Aplikasi DJP

DJP juga memberikan layanan lewat aplikasi yang bisa diunggah di smartphone Anda.

  • Pastikan aplikasi DJP sudah ter-download, lalu buka aplikasi dan daftar dengan akun yang sama saat mendaftar di website.
  • Buka dashboard yang ada di dalam halaman web
  • Selanjutnya, cek NPWP.

Bila muncul identitas lengkap maka dipastikan NPWP aktif, begitupun sebaliknya. Jika NPWP belum aktif, silakan datangi KPP untuk meminta konfirmasi.

Itulah cara cek NPWP online dengan KTP atau tidak yang bisa Anda lakukan. Semoga membantu.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK