Cara Mendapatkan NPWP Elektronik

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/02/2021 11:08 WIB
Guna mengetahui cara mendapatkan NPWP elektronik untuk keperluan perpajakan, simak panduannya berikut ini. Guna mengetahui cara mendapatkan NPWP elektronik untuk keperluan perpajakan, simak panduannya berikut ini. (Ilustrasi kartu NPWP Foto: cnnindonesia/safirmakki_
Jakarta, CNN Indonesia --

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor identitas yang digunakan sebagai alat untuk melakukan segala aktivitas perpajakan.

Supaya bisa memudahkan penggunanya ketika membayar pajak, NPWP saat ini telah berinovasi menghadirkan jenis baru yaitu NPWP elektronik berbasis digital.

Untuk mengetahui cara mendapatkan NPWP elektronik, Anda bisa mengikuti panduannya seperti yang dikutip dari laman Online Pajak, di bawah ini.


Kartu NPWP. CNNIndonesia/Safir MakkiFoto: cnnindonesia/safirmakki
Ilustrasi Kartu NPWP. Berikut cara mendapatkan NPWP elektronik berbasis digital

1. Daftar Akun

Langkah pertama yaitu wajib membuat akun, dengan akses ke laman ereg.pajak.co.id kemudian klik 'Daftar'.

Setelahnya, isi data diri seperti nama, email, kata sandi, lalu klik 'Save'.

Apabila sudah di save tinggal buka email untuk melanjutkan aktivasi dan diarahkan ke pengisian formulir berikutnya.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Di tahap ini, pastikan Anda sudah melakukan aktivasi dan login menggunakan email serta password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Setelah masuk, akan diminta untuk mengisi formulir registrasi wajib pajak untuk pembuatan NPWP. Isi semua data sesuai yang dibutuhkan pada formulir dengan benar.

Jika sudah input data keseluruhan, Anda akan memperoleh surat keterangan yang menyatakan sudah terdaftar sementara.

Di bagian ini, tinggal lanjut klik 'Daftar' untuk mengirimkan formulir registrasi secara online ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda mendaftar NPWP.

3. Pencetakan dan Tanda Tangan

Cara mendapatkan NPWP elektronik selanjutnya yaitu mencetak formulir registrasi wajib pajak serta Surat Keterangan Terdaftar Sementara dan menandatangani formulir tersebut.

4. Kirim Formulir Pajak ke KPP

Kemudian untuk mengirim formulir ke KPP, Anda cukup scan semua persyaratan seperti formulir registrasi, Surat Keterangan Terdaftar Sementara serta dokumen pendukung lain.

Apabila sudah di scan keseluruhan, tinggal unggah satu per satu dokumen persyaratan ke website registrasi.

5. NPWP Elektronik Dikirim ke Alamat Anda

Pada tahap berikutnya, apabila seluruh dokumen sudah diunggah, Anda tinggal meninjau status pendaftaran melalui website resminya atau bisa juga lewat email yang sudah terdaftar.

Nantinya, bila ada keterangan status ditolak berarti dokumennya perlu diperbaiki. Sedangkan jika disetujui, maka NPWP akan dikirimkan ke alamat Anda.

Selain dapat dicetak fisik, laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyebutkan bahwa ada tambahan fitur pengiriman NPWP elektronik yaitu lewat email wajib pajak.

Fitur pengiriman NPWP lewat email ada pada bagian menu informasi DJP Online, sehingga ketika membutuhkan NPWP elektronik, wajib pajak tinggal memeriksa salinan melalui email.

Cara Cek Nomor NPWP Elektronik

Jika sudah pernah mendaftar NPWP secara online, maka Anda juga bisa cek nomor NPWP pribadi, salah satunya lewat situs resmi. Berikut cara cek nomor NPWP elektronik secara online.

  1. Buka situs ereg.pajak.go.id
  2. Isi kolom NPWP secara lengkap dan benar, lalu tidak lama berselang akan menuju ke kolom e-mail anda dan silahkan tunggu beberapa saat
  3. Jika nomor NPWP anda masih aktif, kolom nama akan mendeteksi dan mengeluarkan data pemiliknya.

Jika nomor NPWP dinyatakan tidak aktif, anda juga harus melakukan hal yang sama seperti sebelumnya, yakni langsung datang ke kantor pajak terdekat untuk meminta konfirmasi.

Meskipun NPWP sudah tersedia dalam bentuk elektronik, bukan berarti bentuk fisiknya ditinggalkan begitu saja. Melainkan masih sangat diperlukan untuk layanan perpajakan lainnya.

Untuk itu, dengan panduan serta cara mendapatkan NPWP elektronik seperti di atas, diharapkan bisa memudahkan wajib pajak dalam melakukan transaksi pajak walaupun secara online.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK