7 Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan Tanpa Modal

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/09/2021 14:14 WIB
Sah saja jika karyawan memiliki pekerjaan sampingan asal bisa membagi waktu dengan baik. Berikut rekomendasi peluang pekerjaan sampingan karyawan. Sah saja jika karyawan memiliki pekerjaan sampingan asal bisa membagi waktu dengan baik. Berikut rekomendasi peluang pekerjaan sampingan karyawan. (Foto: Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak alasan yang membuat seorang karyawan memilih punya pekerjaan sampingan. Mulai dari membutuhkan pemasukan lebih atau sekadar ingin menambah relasi dan mengembangkan keterampilan.

Melansir The Balance Careers, ada banyak jenis pekerjaan sampingan karyawan yang bisa dilakukan. Seperti paruh waktu, freelance, atau pekerjaan akhir pekan.

Sebenarnya sah saja apabila seorang karyawan memiliki pekerjaan sampingan. Asal bisa membagi waktu dengan baik dan tidak mengesampingkan pekerjaan utama.


Jika Anda tengah mempertimbangkan melakukan pekerjaan sampingan, berikut rekomendasinya.

1. Tutor

ilustrasi orang tua dan anakRekomendasi pekerjaan sampingan karyawan yakni menjadi tutor (Foto: Istockphoto/ Damircudic)

Memiliki kemampuan berbahasa asing bersertifikat atau pandai membuat keterampilan, tidak ada salahnya mengambil pekerjaan sebagai tutor untuk sampingan.

Jenis pekerjaan ini bahkan bisa menyesuaikan ketersediaan waktu yang Anda miliki sehingga tidak bentrok dengan jam kerja utama.

Selain berinisiatif membuka jasa tutor, Anda bisa coba mendaftar ke lembaga bimbingan tertentu supaya lebih mudah disalurkan ke klien.


2. Pet sitter

This photo taken on August 29, 2021 shows dog owner Carrie Er with her pet white terriers Sasha and Piper (R) at her home in Singapore. - A pair of fluffy white terriers are among a growing number of pet influencers on social media in Singapore, a trend fuelled by a rise in online shopping and pet ownership during the Covid-19 coronavirus pandemic. (Photo by Catherine LAI / AFP) / TO GO WITH Singapore-animal-Internet-business, PHOTOESSAYRekomendasi pekerjaan sampingan karyawan yakni menjadi pet sitter (Foto: AFP/CATHERINE LAI)

Suka berinteraksi dengan kucing atau anjing, Anda bisa kerja sampingan di tempat penitipan hewan peliharaan sebagai pet sitter.

Tugas seorang pet sitter tidak sekadar merawat hewan peliharaan. Tapi bisa juga memberi pelatihan-pelatihan ke hewan peliharaan supaya skill mereka bertambah.

Tak hanya di pet boarding service, seorang pet sitter juga dibutuhkan untuk pet care atau pet hotel and clinic.


3. Party planner

Young friends having fun grilling meat enjoying barbecue party.Rekomendasi pekerjaan sampingan karyawan yakni menjadi party planner (Foto: iStockphoto/Jovanmandic)

Pekerjaan sampingan karyawan lainnya yaitu menjadi party planner untuk vendor event. Tugasnya yaitu membantu menyiapkan acara dari klien.

Mulai dari konsep sampai acaranya terselenggara, itu semua tidak lepas dari tanggung jawab seorang party planner yang memastikan acaranya klien berjalan sesuai permintaan.

Party planner sangat dibutuhkan oleh setiap vendor event. Saat ini sudah ada banyak vendor event yang tersedia. Seperti vendor party atau yang khusus acara anak-anak.


4. Freelance writer

Ilustrasi bekerja dengan laptopRekomendasi pekerjaan sampingan karyawan yakni menjadi penulis lepas (Foto: Bench Accounting via StockSnap)

Apabila Anda lebih suka menulis, bisa coba ambil pekerjaan sampingan sebagai freelance writer atau penulis lepas.

Pendapatan yang dihasilkan freelance writer biasanya menyesuaikan jenis proyek. Bisa tulisan campaign suatu brand atau menulis di website tertentu.

Anda bisa bergabung ke situs-situs yang memang membuka lowongan freelance writer atau lewat komunitas.


5. Bisnis F&B

Ilustrasi Menyeduh KopiRekomendasi pekerjaan sampingan karyawan yakni nyambi di usaha F&B (Foto: Unsplash/Pixabay)

Pekerjaan sampingan yang bisa dicoba karyawan yaitu mengelola bisnis F&B (food and beverages).

Bisnis makanan dan minuman ini akan selalu ada, asalkan pandai mengelolanya. Selain membuka usaha, Anda juga bisa terlibat langsung di dalamnya.

Misalnya, nyambi jadi owner sekaligus waiters, chef, atau barista di tempat bisnis tersebut.


6. Broker properti

A row of detatched properties on a housing estate in the UK.Rekomendasi pekerjaan sampingan karyawan yakni menjadi broker properti (Foto: Istock/georgeclerk)

Memilih kerjaan sampingan sebagai broker properti juga tidak ada salahnya. Tugasnya yaitu sebagai perpanjangan tangan antara investor, pembeli, dan penjual.

Selain menjadi perantara, Anda perlu mempromosikan properti tersebut serta menampilkan listing properti yang dipasarkan kepada calon pembeli.

Pekerjaan broker properti ini biasanya tersedia di agen-agen properti professional dan ada banyak khususnya di Indonesia.


7. Instruktur olahraga

Two friends exercising bench press in gymRekomendasi pekerjaan sampingan karyawan yakni menjadi instruktur olahraga (Foto: istockphoto/ArtistGNDphotography)

Suka berolahraga dan mempunyai kemampuan khusus seperti berenang, bela diri, balet, atau seluncur es, tentunya bisa menjadi ide pekerjaan sampingan.

Tidak harus melamar ke pusat kebugaran atau lembaga resmi, Anda sebenarnya bisa menawarkan jasa pekerjaan ini secara mandiri.

Pekerjaan sampingan karyawan dengan menjadi instruktur olahraga ini cukup bervariasi target pasarnya, mulai dari anak-anak, remaja, sampai lansia.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK