Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Fresh Graduate

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 07:46 WIB
Berikut daftar pekerjaan dengan gaji tinggi untuk para fresh graduate. Berikut daftar pekerjaan dengan gaji tinggi untuk para fresh graduate.(Istockphoto/Vergani_Fotografia).
Jakarta, CNN Indonesia --

Usai berjibaku dengan skripsi dan tumpukan tugas kuliah, para lulusan muda (fresh graduate) tidak serta bisa bernapas lega karena masih harus berhadapan dengan tantangan selanjutnya, mendapatkan pekerjaan.

Perkara pengalaman kerja kerap menjadi benturan pencari kerja muda untuk meraih pekerjaan impiannya. Di sisi lain, perusahaan kerap menekan gaji mereka yang baru lulus dengan alasan sama.

Namun, bukan berarti lulusan muda tidak bakalan bisa mendapat pekerjaan bergaji tinggi. Untuk pekerjaan tertentu, pemula pun bisa mendapatkan gaji jauh di atas UMR. Berikut adalah daftar profesi yang menjanjikan gaji tinggi yang dikumpulkan dari berbagai sumber:


1. Teknisi Migas

Meski perubahan energi dari fossil menuju energi terbarukan tak terhindarkan, namun teknisi di bidang minyak dan gas (migas) masih diperlukan. Teknisi di bidang ini dikenal menjadi salah satu profesi dengan gaji terbaik dunia.

Untuk pemula, gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp8 juta-Rp15 juta per bulan. Bahkan, bila bekerja di perusahaan migas internasional, fresh graduate bisa mendapat gaji di atas Rp15 juta.

Sementara, teknisi senior bisa mendapat gaji sebesar Rp30 juta-Rp50 juta per bulan.

2. Ahli Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi di era pandemi ini mempercepat akselerasi kebutuhan masyarakat akan teknologi. Maka tak heran bila perusahaan pun memburu pekerja yang ahli di bidang tersebut.

Gaji ahli teknologi dan informasi mulai dari Rp15 juta sampai Rp35 juta rupiah per bulan untuk posisi sebagai software engineer atau kepala proyek TI. Gaji bisa terus naik hingga menembus Rp200-an juta bila Anda diangkat menjadi manajer TI.

3. Pakar Konstruksi

Konstruksi dan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu sektor primadona di RI beberapa tahun terakhir dan diperkirakan masih akan menjadi primadona mengingat pemerintah memprioritaskan berbagai pembangunan di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, tentu tenaga ahli di bidang infrastruktur kian dicari. Karena tingginya permintaan, pakar konstruksi yang baru lulus bisa mendapatkan gaji hingga Rp20 juta untuk posisi manajer proyek.

4. Pemasaran

Bidang pemasaran merupakan salah satu pilar tak terlepan dalam sebuah perusahaan. Karena itu, tenaga ahli pemasaran berpotensi mendapat gaji cukup besar. Untuk pemula, pendapatan awal dapat mencapai Rp10 juta per bulan.

5. Ahli Tambang

Seorang fresh graduate yang berkecimpung di dunia pertambangan bisa jadi mengantongi gaji gemuk setiap bulannya mengingat risiko kerja yang tinggi serta skill tertentu yang diperlukan.

Di bidang ini seorang pemula minimal berpenghasilan Rp6 juta sampai dengan Rp8 juta. Jika karir terus menanjak sampai ke level menengah dan senior, maka gaji bisa naik hingga Rp30 juta setiap bulan.

6. Konten Kreator

Era digitalisasi, masyarakat kerap mendapat asupan informasi hingga hiburannya di layar ponsel. Maka tak heran kebutuhan konten kreator semakin dibutuhkan oleh perusahaan, baik sebagai tenaga kerja lepas atau tetap.

Untuk menjadi konten kreator, Anda harus selalu memiliki ide yang baru, menarik, dan dapat dijual kepada publik. Jangan kaget, gaji konten kreator yang sukses bahkan bisa mencapai Rp200-an juta.

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK