Cara Atasi Dana Insentif Kartu Prakerja yang Tak Kunjung Cair

CNN Indonesia
Selasa, 05 Oct 2021 13:55 WIB
PMO Kartu Prakerja memberikan tips bagi peserta yang sudah mengikuti pelatihan kerja untuk mencairkan dana insentifnya yang mungkin terkendala. PMO Kartu Prakerja memberikan tips bagi peserta yang sudah mengikuti pelatihan kerja untuk mencairkan dana insentifnya yang mungkin terkendala. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah melalui program Kartu Prakerja memfasilitasi kesempatan mengikuti pelatihan kerja bagi peserta. Selain pelatihan, pemerintah menjanjikan insentif bagi setiap peserta program.

Namun, dalam proses pencairan insentif, mungkin ada beberapa kendala yang dihadapi. Seperti belum terjadwalnya waktu pencairan, belum cairnya insentif ke rekening peserta, hingga insentif yang gagal cair karena beberapa faktor.

Lantas, bagaimana cara penyelesaiannya?


Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menjelaskan bagi peserta yang belum menerima jadwal pencairan, namun sudah menyelesaikan pelatihan diharapkan memberikan peringkat atau rating dan ulasan tentang pelatihan yang diikuti.

"Jika pencairan insentif belum terjadwal, pastikan sobat sudah menyelesaikan pelatihan serta memberikan rating dan ulasan tentang pelatihan di dashboard kamu," ungkap PMO, dalam unggahan Instagram, Senin (4/10).

Setelah melengkapi hal tersebut, peserta diminta untuk menunggu selama satu hari untuk sinkronisasi jadwal pencairan insentif.

Sementara, peserta yang sudah menerima jadwal pencairan, namun belum menerima insentif, diminta untuk menunggu. Sebab proses pencairan dilakukan secara bertahap.

Peserta diminta untuk melakukan pengecekan dashboard dan riwayat rekening bank atau e-wallet yang telah terhubung dengan akun Kartu Prakerja.

Jika dalam 5 hari kerja peserta masih belum menerima insentif, maka peserta dapat menghubungi call center Kartu Prakerja melalui [email protected] telepon 0800-150-3001.

PMO Kartu Prakerja turut menghimbau peserta untuk tidak memperhatikan setiap aspek dalam proses pencairan. Sebab, terdapat beberapa alasan insentif gagal untuk dicairkan. Misalnya, belum mengisi ulasan pelatihan dan rating di dashboard.

Lalu, rekening maupun e-wallet yang didaftarkan tidak aktif, akun e-wallet belum diperbarui menggunakan verifikasi KTP dan swafoto, hingga data KTP dan swafoto yang didaftarkan tidak sesuai dengan akun Kartu Prakerja.

Pemerintah memberikan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan setelah peserta menyelesaikan pelatihan kerja. Selain itu, peserta akan diberikan Rp150 ribu setiap menyelesaikan satu survei. Insentif itu di luar pelatihan kerja yang diikuti peserta yang disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp1 juta.

[Gambas:Video CNN]



(fry/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER