Airlangga Ungkap Rencana Kurangi Karantina Wisman Jadi 5 Hari

CNN Indonesia
Kamis, 07 Oct 2021 18:29 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan karantina bagi wisatawan mancanegara direncanakan akan berlangsung selama 5 hari sejak hari kedatangan. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan karantina bagi wisatawan mancanegara direncanakan akan berlangsung selama 5 hari sejak hari kedatangan.(Kris - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan karantina bagi wisatawan mancanegara atau turis asing direncanakan akan berlangsung selama 5 hari sejak hari kedatangan.

"Dengan situasi seperti ini, akan dirapatkan periode karantina selama 5 hari," kata Airlangga kepada media di Istana, Kamis (7/10).

Airlangga mengatakan keputusan ini harus dirapatkan terlebih dahulu dengan BNPB, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Perhubungan.


Sementara itu, berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 74 Tahun 2021 syarat kedatangan wisman adalah menjalani karantina selama 8x24 jam.

Namun, surat edaran tersebut menuai kritik dari pelaku pariwisata. Salah satunya Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Bali Ketut Ardana mengatakan aturan karantina ini menyulitkan bagi wisatawan.

"Banyak aturan yang masih menyulitkan bagi wisatawan misalnya karantina, PCR, visa, dan sebagainya," kata Ardana kepada CNNIndonesia.com, Rabu (6/10).

Ia berharap wisman yang akan datang didominasi oleh warga negara China, Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Belanda, dan Selandia Baru.

Ardana mengklaim pihaknya siap dalam menyambut wisatawan karena sudah berpengalaman selama puluhan tahun melayani wisatawan asing dan nusantara.

[Gambas:Video CNN]



(fry/age)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER