Macron Bakal Investasi Riset dan Inovasi Prancis Rp491,7 T

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Rabu, 13 Oct 2021 00:19 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan rencana investasi riset dan inovasi senilai 30 miliar euro atau setara Rp491,74 triliun. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan rencana investasi riset dan inovasi senilai 30 miliar euro atau setara Rp491,74 triliun. (AP/Olivier Hoslet).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan rencana industrialisasi bernilai 30 miliar euro atau setara Rp491,74 triliun (kurs Rp16.391 per euro). Investasi ini untuk mengklaim kembali 'mahkota' Prancis sebagai pemimpin dunia dalam inovasi.

Pernyataan ini ia sampaikan 6 bulan sebelum pemilihan umum presiden dan satu bulan sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim.

Macron menilai Prancis mengambil tindakan ini 15-20 tahun lebih lambat dibandingkan negara tetangga Eropa lainnya. Kini Prancis ingin menjadi negara yang menjadi rujukan inovasi dan penelitian.


Ia menyampaikan hal ini di depan pimpinan perusahaan dan mahasiswa karena Prancis mengalami defisit pertumbuhan yang disebabkan oleh investasi masa lalu.

Untuk itu, Prancis perlu untuk kembali ke kondisi yang baik dengan memiliki inovasi, produksi, serta ekspor untuk membiayai masyarakatnya.

Dengan demikian, Prancis bisa menjadi pemimpin global dalam bidang green hydrogen. Ia juga menargetkan 2 juta kendaraan listrik atau kendaraan hybrid di jalanan Prancis.

Lebih lanjut, Macron juga mengatakan Prancis akan menginvestasikan 1 miliar euro pada 2030 untuk memproduksi tenaga atom, khususnya merancang reaktor nuklir berukuran kecil.

[Gambas:Video CNN]



(fry/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER