Sri Mulyani Dapat Penghargaan Dari IIF di Washington, AS

CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 22:13 WIB
Menkeu Sri Mulyani menerima penghargaan sebagai Distinguished Leadership and Service Award dari The Institute of International Finance (IIF). Menkeu Sri Mulyani menerima penghargaan sebagai Distinguished Leadership and Service Award dari The Institute of International Finance (IFF). (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani menerima penghargaan sebagai Distinguished Leadership and Service Award dari The Institute of International Finance (IIF) yang diberikan di Washington DC, Amerika Serikat.

Penghargaan ini dinilai bergengsi karena diberikan oleh asosiasi industri keuangan global dengan anggota lebih dari 400 orang di 70 negara di dunia. Penghargaan ini diberikan atas dasar kontribusi terhadap ekonomi dan sistem keuangan global.

"Penganugerahan ini menunjukkan bahwa kerja keras yang dilakukan Menteri Keuangan sebagai seorang pemimpin dan sebagai figur publik telah berkontribusi menyelamatkan tidak hanya stabilitas ekonomi dalam negeri, tapi juga dunia," tulis Kementerian Keuangan dalam rilis resmi, Selasa (12/10).


Selain menerima penghargaan, mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut turut menghadiri pertemuan tahunan IIF yang menjadi bagian pertemuan IMF-World Bank.

Sri Mulyani membahas kebijakan strategis yang Pemerintah Indonesia lakukan seperti penanganan pandemi covid-19, reformasi perpajakan, serta presidensi G20 Indonesia pada akhir Oktober.

"Respons Pemerintah Indonesia konsisten difokuskan pada tiga aspek, yaitu intervensi kesehatan, perlengkapan keselamatan dan pemulihan, serta agenda reformasi struktural yang berkelanjutan," ucap Sri Mulyani dikutip dari laman resmi, Selasa (11/10).

Reformasi struktural yang dilakukan pemerintah melalui Undang-Undang Harmonisasi Perpajakan (UU HPP) menjadikan perpajakan lebih adil dan efisien dari segi biaya kepatuhan dan administrasi.

Pertemuan IIF 2021 juga mengapresiasi tindakan dalam bidang perpajakan karbon. Sri Mulyani mengatakan ini menjadi bukti Indonesia sudah mengambil tindakan dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Kemudian, ia memaparkan Indonesia turut mempertimbangkan untuk masuk ke Energy Transition Mechanism (ETM) guna mengakselerasi transisi energi dari berkarbon tinggi menjadi energi terbarukan yang lebih bersih.

Presidensi G20 Indonesia diharapkan mampu memberi manfaat bagi masyarakat global melalui kebijakan yang dihasilkan.

[Gambas:Video CNN]



(fry/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK