Bitcoin Cetak Rekor, Tembus Rp944 Juta per Keping

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 05:50 WIB
Bitcoin kembali mencetak rekor harga tertinggi baru dengan menembus US$67.016 atau sekitar Rp944 juta per koin pada Rabu (20/10). Bitcoin kembali mencetak rekor harga tertinggi baru dengan menembus US$67.016 atau sekitar Rp944 juta per koin pada Rabu (20/10). Ilustrasi. (istockphoto/jpgfactory).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bitcoin (BTC) kembali mencetak rekor harga tertinggi baru. Harga aset kripto berkapitalisi terbesar itu menembus US$67.016,5 atau sekitar Rp944 juta per koin (asumsi kurs Rp14.100 per dolar AS) pada Rabu (20/10).

Sebagai catatan, bitcoin menembus harga tertinggi sebelumnya pada 14 April 2021, US$64.895 per koin.

Mengutip CNN Business, harga bitcoin sudah menanjak 50 persen bulan ini, dari sebelumnya hanya berkisar US$44 ribu pada akhir September 2021.


Kenaikan harga bitcoin tak lepas dari harapan baru terkait pemerintah Amerika Serikat yang tidak akan memberantas uang kripto. Selain itu, aset kripto juga mendapat dukungan dari investor besar seperti George Soros dan peluncuran bursa berjangka (ETF) berbasis bitcoin perdana di AS.

ETF Strategi Bitcoin ProShares, yang mulai diperdagangkan pada Selasa lalu, naik 3 persen pada Rabu pagi.

Beberapa investor sekarang memprediksi keuntungan yang lebih besar untuk bitcoin, meskipun kritik terus-menerus terhadap aset kritik dilontarkan oleh CEO JPMorgan Chase (JPM) Jamie Dimon, yang baru-baru ini menyebut bitcoin "tidak berharga."

"Mengingat momentum harga yang kami lihat di balik ETF bitcoin, kami percaya bahwa bitcoin dapat dengan mudah mencapai [$100.000] pada akhir tahun ini," Kepala Analis Pasar AvaTrade Naeem Aslam, , dalam sebuah laporan.

Sebagai informasi, di Indonesia, aset kripto masih dilarang sebagai alat bayar. Saat ini, aset kripto diregulasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Namun, kripto menjadi komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

[Gambas:Video CNN]



(Reuters/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER