Mentan: 2 Tahun Tak Terdengar Orang Mati Karena Kelaparan

wel | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 14:50 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengklaim tidak ada masyarakat yang meninggal karena kelaparan selama dua tahun terakhir. Mentan Syahrul Yasin Limpo mengklaim tidak ada masyarakat yang meninggal karena kelaparan selama dua tahun terakhir. (Kementerian Pertanian).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengklaim selama dua tahun terakhir atau selama ia menjabat tidak pernah terdengar ada masyarakat yang meninggal karena kelaparan.

Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia 2021 di Cirebon, Jawa Barat.

"Kita 237 juta orang dalam dua tahun ini tidak pernah mendengar ada orang yang mati karena kelaparan. Ini menjadi bagian dari kebahagiaan kita memeringati Hari Pangan Sedunia," terang Syahrul pada Senin (25/10).


Menurut Syahrul, nihilnya kematian yang dikarenakan kelaparan merupakan bentuk upaya dan kerja keras petani dalam memastikan ketahanan pangan dalam negeri terjaga.

Kendati masih ada ketidakpastian akibat pandemi covid-19, ia menyebut bahwa Indonesia mampu menjaga stabilisasi pangan. Bahkan, ia menyebut ekspor di sektor pertanian pada tahun lalu naik hingga 15,4 persen pada 2020.

Sedangkan berdasarkan data Badan Pusat statistik (BPS), ekspor sektor pertanian naik 15,79 persen atau senilai Rp451,77 triliun pada tahun lalu.

"Kita mampu ekspor melampaui suasana normal yang ada, ekspor kita naik 15,4 persen di 2020," ungkapnya.

Pada kesempatan sama, ia menambahkan bahwa sejak pandemi covid-19 melanda pada Maret tahun lalu, tidak ada 'anak buah' Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bisa tidur nyenyak karena dirundung masalah akibat dampak covid-19.

"Barang kali ada beberapa negara yang merasa survive (bertahan), tapi semua pejabat di bawah Presiden (Jokowi) ingin saya katakan tidak pernah tidur dengan nyenyak saat ini," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER