Beli Tiket KA Jarak Jauh Wajib Pakai NIK Mulai Hari Ini

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 11:05 WIB
PT KAI mewajibkan pencantuman Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi penumpang yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh mulai Selasa (26/10). PT KAI mewajibkan pencantuman Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi penumpang yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh mulai Selasa (26/10). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT KAI (Persero) mewajibkan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi penumpang yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh mulai Selasa (26/10).

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan kebijakan ini berlaku bagi penumpang dewasa dan anak-anak di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikampek, dan Karawang.

Khusus Warga Negara Asing (WNA), pembelian tiket wajib mencantumkan nomor identitas yang tertera di paspor.


Eva menjelaskan pencantuman NIK diwajibkan untuk memvalidasi status vaksin penumpang. Saat ini, perseroan telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem keberangkatan kereta api. Sehingga, seluruh tahap verifikasi dapat dilakukan saat keberangkatan.

Bagi pelanggan program membership KAI Access dan pelanggan yang memiliki hak tarif reduksi namun belum menggunakan NIK, maka diminta untuk segera melakukan pengkinian (update) data.

"Proses update data dapat dilakukan melalui loket stasiun, aplikasi KAI Access dan customer service stasiun," kata Eva dalam keterangan resmi.

Lebih lanjut, KAI menjamin akan mengembalikan biaya tiket sepenuhnya apabila penumpang batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan kesehatan yang ada.

Sebelumnya, kewajiban pencantuman NIK juga sudah diterapkan pada pemesanan tiket KA Lokal sejak 31 Agustus 2021.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER