PLN Cetak Pendapatan Rp204 T dari Kenaikan Konsumsi Listrik

Christine Novita Nababan | CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 10:29 WIB
PLN mencetak pendapatan Rp204 triliun pada kuartal III 2021 karena penjualan listrik meningkat dan pelanggannya bertambah 2,6 juta. PLN mencetak pendapatan Rp204 triliun pada kuartal III 2021 karena penjualan listrik meningkat dan pelanggannya bertambah 2,6 juta. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) mencetak pendapatan sebesar Rp204,65 triliun pada kuartal ketiga tahun ini. Pendapatan BUMN listrik ini tercatat tumbuh 4,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu akibat kenaikan konsumsi listrik.

Berdasarkan laporan keuangan yang disajikan perusahaan, pada periode yang sama, volume penjualan listrik meningkat 4,4 persen menjadi 189,7 Terra Watt hour (TWh) jika dibandingkan September 2020 lalu.

Peningkatan volume penjualan listrik ditopang oleh penambahan pelanggan PLN sebanyak 2,6 juta pelanggan pada periode Januari-September menjadi 81,6 juta pelanggan.


Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menyebut pencapaian ini tak terlepas dari strategi creating demand yang ditempuh perusahaan melalui upaya intensifikasi dan ekstensifikasi.

Strategi intensifikasi, misalnya, menggelar program bundling dan promo tambah daya seperti Super Dahsyat pada peringatan Hari Listrik Nasional ke-76.

"Rangkaian program promo tambah daya yang kami lakukan sepanjang tahun ternyata disambut antusias oleh pelanggan. Pelanggan menjadi lebih produktif dan penggunaannya pun meningkat," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/10).

Lalu, gencar mengkampanyekan gaya hidup penggunaan alat berbasis listrik dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan 1 juta kompor induksi, serta kendaraan listrik berbasis baterai.

Adapun, strategi ekstensifikasi ditempuh lewat program win back dengan mengakuisisi captive power atau mengganti kelistrikan perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan pembangkit sendiri dengan suplai listrik dari PLN. Sehingga, perusahaan terkait bisa fokus pada bisnis intinya.

Strategi lain, kata Bob, menggali ceruk pasar yang potensi dengan program electrifying agriculture dan electrifying marine untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan, serta perikanan, termasuk kelautan.

"Program-program ini terbukti mampu membantu petani, peternak, nelayan, hingga pelaku industri menjadi lebih produktif dan efisien, sehingga kesejahteraan mereka bisa meningkat," terang dia.

Ia optimistis dengan rangkaian program yang dilakukan perusahaan, kinerja PLN akan semakin membaik hingga akhir tahun nanti. "Bagi kami, hadirnya listrik membantu aktivitas masyarakat, serta membantu menggerakkan perekonomian nasional," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(bir/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER