Smelter Freeport di Gresik Sempat Diprotes

CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 20:08 WIB
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyatakan pembangunan smelter Freeport Indonesia sempat mendapatkan protes dari masyarakat Papua. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyatakan pembangunan smelter Freeport Indonesia sempat mendapatkan protes dari masyarakat Papua. (Rusman - Biro Pers).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pembangunan smelter PT Freeport Indonesia sempat mendapatkan protes dan penolakan dari masyarakat Papua.

"Bahkan ada sebagian dari kelompok intelektual mengatakan kenapa Smelter dibangun di Gresik. Saya mendapat protes dan surat banyak sekali," kata Bahlil dalam Konferensi Pers, Rabu (27/10).

Merespons protes tersebut, Bahlil menyatakan pembangunan smelter di Gresik sudah direncanakan oleh pemerintah sejak 2017 lalu. Ia pun membeberkan salah satu alasan tidak memilih Papua sebagai tempat smelter Freeport.


"Pertimbangan pertamanya waktu itu adalah infrastruktur yang belum memadai salah satunya listrik," ujarnya.

Namun demikian, ia mengatakan sebagian besar kapasitas produksi masih dipusatkan di Papua. Ini dibuktikan dengan kapasitas produksi di Papua sebesar 1,7 juta ton, sementara kapasitas produksi di Gresik hanya 1,3 juta ton dari total keseluruhan 3 juta ton.

Bahlil mengklaim telah mendiskusikan secara langsung keluhan masyarakat Papua terkait smelter kepada Presiden Joko Widodo. Ia pun menyerap aspirasi tersebut untuk disampaikan kepada Kepala Negara.

Ia menerangkan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyelesaikan masalah ini.

[Gambas:Video CNN]

"Kami sekarang sudah merumuskan langkah-langkah komprehensif antara PT Freeport dengan Kementerian BUMN. Kami akan meningkatkan kapasitas freeport dari 3 juta menjadi 3,8 juta atau lebih. Kami juga sudah konsultasi dengan Kementerian ESDM," ujarnya.

Nantinya kelebihan kapasitas produksi tersebut akan memberi kontribusi terhadap pembangunan smelter di Papua. Ia pun menegaskan bahwa ini telah menjadi bagian dari program yang telah direncanakan.

Bahlil pun memohon agar masyarakat dapat mendukung setiap kebijakan yang telah pemerintah buat. Ia berharap agar sebelum kebijakan pemerintah ditetapkan untuk tidak menjegal sebab dikhawatirkan investor akan sulit masuk ke dalam negeri.

Ia mengaku kebijakan ini sudah menjadi prioritasnya sejak menjabat sebagai pembantu Presiden Jokowi dalam bidang investasi.

(fry/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER