Wisman Jepang Disebut Akan Kunjungi Bali, Diangkut Garuda

CNN Indonesia
Kamis, 11 Nov 2021 20:48 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster mengklaim wisma Jepang akan mengunjungi Bali diangkut oleh maskapai BUMN Garuda Indonesia. Gubernur Bali Wayan Koster mengklaim wisma Jepang akan mengunjungi Bali diangkut oleh maskapai BUMN Garuda Indonesia. Ilustrasi. (Anadolu Agency/Mahendra Moonstar).
Denpasar, CNN Indonesia --

Gubernur Bali Wayan Koster mengaku mendapatkan informasi dari maskapai BUMN Garuda Indonesia bahwa sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) dari Jepang akan berkunjung.

Namun, ia mengaku tidak tahu kapan tepatnya turis internasional itu melawat Pulau Dewata yang saat ini sudah dibuka untuk 19 negara di tengah pembatasan sosial akibat pandemi covid-19.

"Ada beberapa (wisman), saya dapat informasi kemarin dari Garuda. Kelihatannya akan ada dari Jepang, tetapi tanggalnya masih belum pasti. Masih ada konsolidasi," ungkap Koster di Jayasbha, Denpasar, Bali, Kamis (11/11).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bali berharap ada ribuan wisman yang mampir ke Bali pada bulan ini. Koster bahkan mengklaim 20 ribu wisman telah memesan kamar hotel untuk kedatangan pada November 2021.

Kebanyakan dari mereka yang memesan hotel itu merupakan wisman asal benua biru, Eropa. "Dari laporan yang saya terima, dari 19 negara itu, memang sudah ada yang pesan hotel," imbuh dia.

"Beberapa negara sampai 3.000-an yang pesan. Ada yang 2.000-an, ada yang 1.500-an. Dari Eropa cukup banyak saya lihat. Kalau ditotal, November ada 20 ribu-an yang pesan," katanya.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I Bandara Bali Herry A Y Sikado menuturkan jumlah penumpang pesawat naik hingga 98 persen pada Oktober 2021 mencapai 464.390 orang dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu 234.939 penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang diikuti dengan kenaikan jumlah pesawat udara yang dilayani. Sepanjang Oktober 2021, Bandara Bali mencatat 3.697 pergerakan pesawat atau meningkat 81 persen dari 2.040 pergerakan pesawat pada bulan sebelumnya.

Adapun, tiga rute asal yang paling banyak mengunjungi Bali pada periode tersebut, yakni Jakarta sebanyak 136.529 penumpang. Disusul, Surabaya sebanyak 29.973 penumpang, dan Ujung Pandang sebanyak 16.173 penumpang.

Sementara itu, tiga rute tujuan terbanyak dari Bali, yaitu Jakarta sebanyak 132.367 penumpang, Surabaya sebanyak 29.426 penumpang, dan Ujung Pandang sebanyak 14.175 penumpang.

Pertumbuhan positif penumpang pesawat, Herry melanjutkan, menjadi tren capaian terbanyak di sepanjang tahun ini.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER