Daftar 4 Provinsi Tanpa Kenaikan Upah Minimum pada 2022

CNN Indonesia
Selasa, 16 Nov 2021 06:25 WIB
Kemnaker menyebut upah minimum di 4 provinsi tak akan naik di 2022. Berikut rincian dan alasannya. Kemnaker menyebut upah minimum di 4 provinsi tak akan naik pada tahun depan. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjelaskan terdapat 4 provinsi yang tidak akan mengalami kenaikan upah minimum pada 2022. Mereka ialah Sumatra Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indah Anggoro Putri mengatakan itu terjadi karena upah minimum di 4 provinsi itu pada tahun ini sudah lebih tinggi dari batas atas.

"Sehingga upah minimum tahun 2022 ditetapkan sama dengan tahun 2021," kata Indah dalam Seminar Terbuka Kemnaker, Senin (15/11) kemarin.


Ia mengatakan kalau upah dinaikkan, pihaknya khawatir itu justru akan tidak sehat.

"Keempat provinsi ini nilainya akan sama untuk tahun depan karena pada tahun ini keempat provinsi tersebut sudah melebihi batas atas upah minimum. Kalau dinaikkan lagi akan semakin melambung, itu tidak bagus, ga boleh ya," ujarnya.

Dengan kebijakan itu, Indah mengatakan upah minimum di Sumatra Selatan akan tetap Rp3,14 juta, Sulawesi Utara Rp3,31 juta, Sulawesi Selatan Rp3,16 juta, dan Sulawesi Barat Rp2,67 juta.

Selain itu, Indah mengatakan untuk upah daerah lain akan naik. Rata-rata kenaikan upah mencapai 1,09 persen, atau jauh dari permintaan buruh yang menuntut 10 persen. 

Daerah dengan UMP tertinggi masih dipegang oleh DKI Jakarta sebesar Rp4,4 juta. Sementara itu, daerah dengan UMP terendah dipegang oleh Jawa Tengah sebesar Rp1,81 juta.

"Rata-rata penyesuaian upah minimum adalah 1,09 persen," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fry/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER