7 Pekerjaan Freelance Online Bergaji Tinggi

CNN Indonesia
Minggu, 28 Nov 2021 07:12 WIB
Memiliki pekerjaan freelance online bergaji tinggi saat ini bukan lagi perkara mustahil. Berikut daftar pekerjaannya. Ilustrasi. Memiliki pekerjaan freelance online bergaji tinggi saat ini bukan lagi perkara mustahil. (StokPic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki pekerjaan freelance online bergaji tinggi saat ini bukan lagi hal mustahil karena waktu dan cara kerjanya terbilang fleksibel.

Freelance atau tenaga lepas merupakan pekerjaan yang tidak terikat kontrak, tapi memiliki batas waktu tertentu sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak.

Tugas yang dikerjakan seorang freelancer juga bermacam-macam, tergantung job description dari tempatnya bekerja atau posisi yang mereka ambil.


Pekerjaan Freelance Online Bergaji Tinggi

Ilustrasi bekerjaIlustrasi. Ada beberapa pekerjaan freelance online bergaji tinggi. (Picjumbo/Viktor Hanacek)

Dilansir dari laman Indeed, pekerjaan freelance dengan gaji tinggi biasanya telah disesuaikan dengan tingkat keahlian dan lisensi yang dimiliki seseorang. Berikut daftarnya.

1. Copywriter

Copywriter adalah profesi sebagai penulis konten kreatif yang tujuannya untuk memperkenalkan produk dagang dari klien.

Seorang copywriter dapat membuat konten persuasif untuk keperluan tulisan iklan digital, cetak, atau bentuk pemasaran lainnya.

Gaji copywriter bisa mencapai Rp800 juta per tahun, asalkan sepadan dengan level pengalamannya.

2. Editor tulisan

Tugas keseluruhan editor adalah melakukan penyuntingan tahap akhir sebelum tulisan tersebut layak diterbitkan.

Jenis tulisan yang digarap editor beragam seperti tulisan artikel online, naskah film atau iklan, buku, sampai surat kabar.

Banyak editor freelance yang menggarap beberapa pekerjaan dalam waktu berbarengan. Tak heran jika posisi ini berpotensi menghasilkan gaji hingga Rp700 juta per tahun.

3. Videografer

Pekerjaan freelance online bergaji tinggi selanjutnya yaitu videografer. Namun, selain skill, pekerjaan ini membutuhkan banyak alat kerja mencakup kamera, PC, dan berbagai software premium untuk mendukung proses produksi video.

Saat ini ada banyak freelance videographer yang menyediakan jasa video untuk keperluan konten digital, dokumenter, film pendek, deposition, sampai berbagai pesta.

Sama seperti editor, seorang videografer juga dapat menggarap proyek video lebih dari satu. Besaran gajinya nyaris Rp1 miliar per tahun.

4. Web developer

Web developer bertanggung jawab dalam merancang, mendesain, sekaligus mengembangkan situs web dari kliennya.

Menjalani pekerjaan web developer masih sama dengan beberapa profesi lainnya yang memungkinkan dikerjakan secara daring.

Penyedia jasa web developer tentu bisa mengerjakan proyek situs web lebih dari satu klien. Pendapatannya berpotensi mencapai Rp648 juta per tahun.

5. Marketing digital specialist

Portrait of young Indian female client or candidate sitting at table, talking to senior male manager and smiling in office. Job interview or consultancy conceptIlustrasi. Marketing digital specialist jadi salah satu pekerjaan freelance online bergaji tinggi. (Istockphoto/MangoStar_Studio)

Pekerjaan di bidang marketing atau pemasaran termasuk memiliki gaji yang tinggi di antara sektor lainnya. Terlebih, saat ini pemasaran digital mempunyai segmentasi luas seiring berkembangnya teknologi dan informasi.

Secara garis besar, seorang marketing dikatakan sebagai 'otaknya' pemasaran, sedangkan sales adalah tim pelaksananya. Hitungan kasar dari total gajinya bisa mencapai Rp775 juta per tahun.

6. Sosial media specialist

Bersamaan dengan marketing digital specialist, profesi sebagai social media specialist juga tengah menjamur di zaman kiwari.

Profesi ini membantu monetisasi konten media sosial agar menguntungkan. Mereka bertanggung jawab dalam urusan strategi yang diterapkan di platform media sosial.

Gaji social media specialist junior dan senior akan berbeda sesuai tingkat pengalaman. Kisarannya Rp800 juta per tahun, tapi bisa lebih, tergantung kondisi keuangan tempat mereka bekerja.

7. Konsultan keuangan

Konsultan keuangan freelance dapat bekerja untuk suatu perusahaan besar atau kalangan individu tertentu, bahkan bisa juga bersamaan keduanya.

Tugas mereka adalah sebagai penasihat keuangan yang membantu perusahaan merencanakan serta mengembangkan investasi dari klien.

Sesuai dengan beban kerjanya, gaji seorang konsultan keuangan berpengalaman bisa mencapai Rp1 miliar lebih per tahun.

Pekerjaan freelance online bergaji tinggi sangat memungkinkan meraup pendapatan besar. Tapi, nominal itu dapat berubah kapan saja sesuai kebijakan tempat mereka bekerja dan akan bergantung pada pengalaman Anda di bidang tersebut.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER