Jokowi Klaim Indonesia Terbebas dari Impor Beras Tahun Ini

aud | CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 18:43 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia belum mengimpor beras sejak awal 2021. Stok beras nasional masih cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia belum mengimpor beras sejak awal 2021. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim Indonesia belum mengimpor beras sejak awal 2021. Dengan kata lain, Indonesia terbebas dari impor beras tahun ini.

"Kami tahu bahwa tahun ini, 2021, sampai hari ini kami belum melakukan impor beras sama sekali," ungkap Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (30/11).

Jokowi memastikan stok beras di dalam negeri masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini, jumlah produksi beras di Jawa Timur sendiri sebanyak 5,7 juta ton.


"Secara keseluruhan di Jawa Timur produksinya 5,7 juta ton beras untuk memenuhi kebutuhan Jawa Timur dan suplai provinsi lain," tutur Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan panen padi di Kabupaten Trenggalek terjadi dua kali dalam satu tahun. Namun, ia optimistis panen padi bisa bertambah menjadi tiga kali dalam setahun setelah ada Bendungan Tugu.

"Dengan ada Bendungan Tugu airnya mengalir sampai ke sawah-sawah. Padi bisa tiga kali," terang Jokowi.

Sementara, ia mengaku mendapatkan beberapa keluhan dari petani di Kabupaten Trenggalek. Beberapa hal yang dikeluhkan, seperti pupuk dan alat produksi.

"Saya kira nanti akan dibicarakan di Jakarta, agar Menteri Pertanian menyelesaikan kesulitan di lapangan," jelas Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER