Belajar dari Bali, Jokowi Minta Pemda Diversifikasi Sektor Ekonomi

aud | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 12:37 WIB
Jokowi mengatakan seluruh pihak termasuk pemda untuk mendiversifikasi ekonomi agar tak bergantung dengan satu sektor saja. Jokowi mengatakan seluruh pihak termasuk pemda untuk mendiversifikasi ekonomi agar tak bergantung dengan satu sektor saja. (CNN Indonesia/Kadafi).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah (pemda) agar ekonomi tak bergantung pada satu sektor. Hal ini belajar dari Provinsi Bali yang ekonominya terpukul dua tahun terakhir karena pandemi covid-19.

"Dua tahun ini (ekonomi) masyarakat Bali terpukul," kata Jokowi dalam Peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, Jumat (3/12).

Padahal, ekonomi Bali sebelum pandemi rata-rata tumbuh sekitar 5,3 persen setiap tahun. Jokowi mengatakan kontraksi ekonomi yang dialami Bali paling dalam dibandingkan dengan provinsi lain.


"Ekonomi Bali kontraksi paling dalam daripada provinsi lain karena memang sektor pariwisata yang diandalkan Bali ini adalah sektor paling awal terimbas dan sektor yang paling belakangan untuk pulih," papar Jokowi.

Maka itu, ia meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) termasuk Bali melakukan refleksi dan transformasi agar ekonomi tak bergantung pada satu sektor saja. Jokowi menyatakan terdapat tiga hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pemerintah harus melakukan diversifikasi ekonomi. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi bisa dipompa oleh banyak sektor.

"Sektor pertanian lihat bertahan tumbuh positif dari sekian sektor lain, detail-detail ini harus dilakukan," terang Jokowi.

Kedua, prioritaskan tata kelola industri pariwisata. Pengelola harus mengedepankan faktor kesehatan dan keamanan dan mengoperasikan bisnis pariwisatanya.

"Perjalanan pariwisata di masa pandemi dan pascapandemi akan berubah total, wisatawan akan menghindari kerumunan," ujar Jokowi.

Ketiga, pariwisata di Bali harus bertransformasi dari mass menjadi green tourism. Dengan demikian, pariwisata yang dikembangkan harus berbasis sosial, budaya, dan lingkungan yang sejalan dengan nilai-nilai kearifan lokal.

[Gambas:Video CNN]

(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER