5 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Gajinya

CNN Indonesia
Kamis, 09 Dec 2021 14:06 WIB
Ilmu komunikasi menjadi studi favorit banyak orang. Ada banyak prospek kerja ilmu komunikasi dan gajinya yang perlu Anda ketahui. Ilustrasi. Ada banyak prospek kerja ilmu komunikasi dan gajinya yang perlu Anda ketahui. (Istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ilmu komunikasi menjadi studi favorit banyak orang. Ada banyak prospek kerja ilmu komunikasi dan gajinya yang perlu Anda ketahui.

Sederhananya, ilmu komunikasi mempelajari cara dan proses penyampaian pesan secara efektif lewat berbagai medium.

Umumnya, ada beberapa program studi yang berada di bawah jurusan atau fakultas ilmu komunikasi. Di antaranya seperti manajemen komunikasi, hubungan masyarakat, jurnalistik, periklanan, hingga komunikasi melalui media sosial. Kesemuanya mempelajari proses penyampaian pesan dengan cara yang saling berbeda satu sama lain.


Di zaman kiwari, ada banyak prospek kerja untuk lulusan ilmu komunikasi. Kesempatan dan peluang karier terbuka luas dengan gaji yang cukup menjanjikan.

Prospek Kerja Ilmu komunikasi

Female reporter at press conference, writing notes, holding microphoneIlustrasi. Ada banyak prospek kerja ilmu komunikasi dan gajinya yang perlu diketahui. (iStockphoto/Mihajlo Maricic)

Beberapa pekerjaan atau profesi bisa menjadi pilihan para lulusan ilmu komunikasi. Berikut datanya, menukil dari laman Indeed.

1. Jurnalis

Profesi jurnalis termasuk di antaranya reporter atau wartawan hingga penyiar berita bertanggung jawab dalam memproduksi informasi yang akurat untuk kemudian disampaikan kepada khalayak luas.

Informasi itu disampaikan melalui media cetak seperti majalah dan koran, portal berita daring, radio, hingga televisi.

Besaran gaji rata-rata: Rp61,54 juta per tahun.

2. Hubungan masyarakat (Public relation)

Public relation atau humas menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan. Seorang tim humas bertugas untuk membentuk citra perusahaan dengan baik.

Tak hanya itu, seorang humas juga harus mampu memberikan segala bentuk informasi tentang perusahaannya kepada publik, media, klien sampai investor.

Besaran gaji rata-rata: Rp73,38 juta per tahun.

3. Marketing communication

Colleagues working at a womanâIlustrasi. Staf marketing communication jadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi. (Istockphoto/monkeybusinessimages)

Masih tentang prospek kerja ilmu komunikasi dan gajinya, marketing communication (marcom) masuk ke dalam daftar. Marcom dinilai sebagai posisi vital bagi pengembangan perusahaan.

Seorang staf marcom bertugas untuk menentukan strategi penjualan, pemasaran, mengelola anggaran pemasaran, serta berkolaborasi dengan humas untuk memproduksi siaran pers.

Besaran gaji rata-rata: Rp83,59 juta per tahun.

4. Social media spesialist

Social media spesialist menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan hampir setiap perusahaan di zaman kiwari. Seorang social media specialist bertugas untuk membangun citra perusahaan lewat media sosial.

Posisi ini bertanggung jawab untuk merencanakan, menciptakan, dan membuat strategi yang diterapkan di berbagai platform media sosial perusahaan.

Besaran gaji rata-rata: Rp71,47 juta per tahun.

5. Copywriter

Copywriter menjadi salah satu pekerjaan yang kini banyak dibutuhkan. Biasanya copywriter dibutuhkan di agensi iklan, konsultan komunikasi, hingga media.

Tugas utama seorang copywriter adalah membuat atau menuliskan sebuah konten kreatif untuk tujuan pemasaran.

Besaran gaji rata-rata: Rp50,66 juta per tahun.

Prospek kerja ilmu komunikasi dan gajinya ini akan terus berkembang seiring pembaruan keadaan serta perubahan nominal upah minimum provinsi (UMP) sesuai tempat mereka bekerja.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER