16,4 Juta Pelaku UMKM Sudah Terhubung ke Platform Digital

CNN Indonesia
Kamis, 09 Dec 2021 12:40 WIB
Menkop UKM Teten Masduki menyebut 16,4 juta pelaku UMKM telah terhubung ke dalam platform digital, meningkat lebih dari 100 persen sejak awal pandemi. Menkop UKM Teten Masduki menyebut 16,4 juta pelaku UMKM telah terhubung ke dalam platform digital, meningkat lebih dari 100 persen sejak awal pandemi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut 16,4 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah terhubung ke dalam platform digital. Angka ini meningkat lebih dari 100 persen sejak awal pandemi di 2020.

"Saat ini 16,4 juta UMKM telah terhubung ke dalam platform digital, angka ini tumbuh lebih dari seratus persen sejak awal pandemi" ujarnya dalam acara CX Summit 2021, Kamis (9/12).

Menurut Teten, di tengah disrupsi ekonomi akibat pandemi, transformasi usaha ke digital sangat penting bagi UMKM. Ia juga bersyukur karena banyak pelaku UMKM telah melakukan hal tersebut sehingga mereka bisa bertahan dan meningkatkan perekonomian negara.


Ia mengatakan hal tersebut terlihat dari nilai ekonomi digital Indonesia yang tumbuh sangat signifikan. Tercatat pada 2020 saja, nilainya mencapai Rp640 triliun.

Melihat capaian tersebut, Teten optimis angka tersebut akan terus meningkat.

"Angka ini diprediksi meningkat delapan kali lipat menjadi Rp4.531 triliun 2030," ucapnya.

Sebelumnya, Teten memperkirakan nilai ekonomi digital Indonesia tembus Rp1.700 triliun pada 2025 mendatang dan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

"Digital ekonomi kita di 2025 diprediksi terbesar di Asia Tenggara mencapai Rp1.700 triliun," ucap Teten dalam acara peresmian Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark, Senin (6/12) lalu.

Jika melihat angka tersebut, dalam rentang 2025-2030, Teten semakin optimis capaian nilai ekonomi digital akan tumbuh pesat selama rentang lima tahun tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Keyakinan itu juga didasarkan pada disrupsi digital gelombang kedua yang terjadi di Indonesia. Itu memaksa UMKM untuk melakukan transformasi digital. Dengan transformasi itu, masyarakat tanah air dapat mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital yang nilainya sangat besar.

Selain itu, keyakinan juga ia dasarkan pada struktur demografi Indonesia yang sekarang ini didominasi oleh anak muda. Dari hasil survei anak muda memiliki minat besar untuk menjadi seorang wirausaha yaitu hampir 70 persen.

Oleh sebab itu, ke depannya Teten ingin wirausaha-wirausaha muda untuk menghasilkan produk-produk berbasis kreativitas dan inovasi teknologi.

"Supaya UMKM kita memiliki daya saing yang tinggi baik di pasar domestik maupun global," imbuhnya.

(mrh/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER