5 Prospek Kerja Statistika dan Gajinya

tim | CNN Indonesia
Senin, 27 Dec 2021 13:58 WIB
Lulusan statistika banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Berikut beberapa prospek kerja lulusan statistika dan estimasi gajinya untuk diketahui. Lulusan statistika banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Berikut beberapa prospek kerja lulusan statistika dan estimasi gajinya untuk diketahui. (Foto: Istockphoto/Yok46233042)
Jakarta, CNN Indonesia --

Statistika adalah cabang ilmu matematika yang berkutat dengan data. Dalam studi statistika, data dikumpulkan, dianalisis, dan diinterpretasikan, untuk selanjutnya disajikan keperluan pengambilan keputusan.

Di era digital seperti sekarang kebutuhan mengumpulkan data untuk mengidentifikasi sesuatu sangatlah penting, sehingga prospek kerja statistika cukup terbuka luas dengan gaji yang menggiurkan.

Mengutip Indeed, pengetahuan dasar dan keahlian yang perlu dikuasai lulusan statistika antara lain memahami ilmu matematika, metodologi dan analisis data, programming, komunikasi, sampai problem solving.


Prospek Kerja Statistika dan Gajinya

Business People meeting Planning Strategy Analysis  Concept  laptop meeting with technologyProspek kerja statistika dan gajinya (Ilustrasi Foto: Istockphoto/SARINYAPINNGAM)

Dikarenakan pengolahan data sangat diperlukan maka lulusan statistika ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa prospek kerja lulusan statistika dan estimasi gajinya untuk Anda ketahui.

1. Aktuaris

Aktuaris adalah profesi yang bertugas sebagai ahli di bidang manajemen risiko serta ketidakpastian dalam bidang usaha.

Sementara bidang ilmunya disebut aktuaria. Seorang aktuaris umumnya bekerja di sektor keuangan, perusahaan asuransi umum, atau konsultan aktuaria dan investasi.

Di Indonesia gaji aktuaris fresh graduate yang lulus uji sertifikasi sekitar Rp55 juta per tahun, sedangkan level senior bisa berpendapatan lebih.


2. Ahli statistik

Bekerja sebagai ahli statistik mempunyai tanggung jawab dalam menyediakan data serta informasi lainnya untuk kebutuhan analisis sesuai bidang pekerjaan.

Profesi ini umumnya bekerja di Kementerian Informasi dan Teknologi, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pusat Statistik, atau Lembaga Survei.

Besaran gaji ahli statistik diperkirakan sekitar Rp60 juta sampai Rp84 juta per tahun, menyesuaikan tingkat pendidikan dan pengalaman.


3. Perbankan

Masih tentang prospek kerja statistika dan gajinya, lulusan tersebut berpeluang meniti karier di perbankan.

Divisi yang membutuhkan lulusan statistika biasanya ditempatkan sebagai data scientist atau bagian analisis penjualan saham.

Untuk gajinya sendiri akan berbeda-beda bagi setiap posisi perbankan. Umumnya mulai dari Rp65 juta ke atas per tahun.


4. Market researcher

Cropped shot of an unrecognizable businesswoman working in the officeProspek kerja statistika salah satunya menjadi market researcher yang piawai mengolah data (Ilustrasi Foto: Istockphoto/Delmaine Donson)

Kesempatan berkarier sebagai periset pasar atau market researcher terbuka lebar bagi lulusan statistika karena memang membutuhkan orang yang berkompeten di bidang pengolahan data.

Sebelum menyusun strategi marketing yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan, tentu perlu perhitungan dan riset terlebih dahulu agar penjualan optimal.

Kehadiran market researcher di perusahaan sangat krusial dalam memberikan informasi penting untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pasar dan persaingan bisnis. 

Market researcher dibutuhkan di banyak perusahaan swasta ternama bahkan multinasional. Tentu kesempatan memperoleh gaji yang tinggi pun sangat memungkinkan. Di wilayah DKI Jakarta, rata-rata gaji staf perusahaan swasta sudah di atas Upah Minimum Provinsi (UMP).


5. Big data specialist

Prospek kerja statistika dan gajinya juga berpeluang kerja sebagai big data specialist untuk perusahaan besar atau lembaga khusus.

Big data specialist bertanggung jawab mengolah data dalam jumlah besar yang nanti diterjemahkan oleh algoritma komputer ke prototipe untuk keperluan analisis.

Gaji yang didapat spesialis big data menyesuaikan level posisi. Perkiraan level manager per tahun mencapai Rp984 juta.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER