Subsidi Bunga KUR Akan Diturunkan Jadi 3 Persen

CNN Indonesia
Jumat, 31 Des 2021 08:33 WIB
Pemerintah menggelontorkan Rp5,64 triliun pada 2022 supaya bunga KUR bisa turun dari 6 persen jadi 3 persen pada Januari sampai Juni 2022. Pemerintah menggelontorkan Rp5,64 triliun pada 2022 supaya bunga KUR bisa turun dari 6 persen jadi 3 persen pada Januari sampai Juni 2022. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah anggaran subsidi untuk program kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp5,64 triliun untuk 2022. Dengan tambahan itu, bunga KUR akan turun dari 6 persen menjadi 3 persen.

Kebijakan ini akan berlaku sepanjang Januari hingga Juni 2022. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kepala negara menyetujui program yang berkenaan langsung ke usaha rakyat.

"Bapak Presiden menyetujui beberapa program baru yang akan di-front loading di 2022, salah satunya subsidi bunga KUR sebesar 3 persen sampai Juni 2022," kata Airlangga setelah mengikuti sidang kabinet paripurna, Kamis (30/12).


Namun, Airlangga mewanti-wanti agar bank tidak menyalahgunakan kebijakan insentif dari pemerintah. Misalnya, dengan mengalihkan nasabah yang seharusnya mendapat kredit komersial menjadi nasabah KUR.

"Dengan catatan tidak ada migrasi dari kredit komersial ke KUR. Jadi kita tidak ingin kanibalisme dengan hanya menggeser yang dari komersial, tetap didorong ke sektor-sektor yang baru," katanya.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir menambahkan pemerintah juga meningkatkan plafon kredit kepada penerima KUR.

[Gambas:Video CNN]

Untuk KUR mikro, semula plafon kreditnya dari Rp10 juta sampai Rp50 juta, nantinya akan naik menjadi Rp10 juta hingga Rp100 juta.

Bagi pelaku usaha yang mengambil KUR super mikro bisa mengambil kredit hingga Rp10 juta dan tidak perlu agunan karena pemerintah memberikan penjaminan. Besaran penjaminan untuk KUR super mikro mencapai 2 persen, sedangkan untuk KUR mikro 1,75 persen.

Pemerintah juga meningkatkan plafon kredit KUR pekerja migran Indonesia (PMI) alias TKI. Dari sebelumnya maksimal Rp25 juta kini menjadi maksimal Rp100 juta. Dengan berbagai penambahan subsidi dan plafon ini, maka pagu anggaran KUR 2022 akan naik dari Rp285 triliun menjadi Rp358 triliun.

(yuli/fry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER