5 Prospek Kerja Ilmu Politik dan Gajinya

tim | CNN Indonesia
Jumat, 07 Jan 2022 14:20 WIB
Peluang karier bagi lulusan ilmu politik cukup besar, berikut gambaran prospek kerja ilmu politik dan kisaran gajinya. Peluang karier bagi lulusan ilmu politik cukup besar, berikut gambaran prospek kerja ilmu politik dan kisaran gajinya. (Ilustrasi Foto: Istockphoto/FangXiaNuo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program studi ilmu politik mempelajari segala hal yang berkaitan dengan isu sosial-politik pada cakupan dalam negeri maupun yang lebih luas.

Membahas tentang prospek kerja ilmu politik dan gajinya, peluang mengembangkan karier lulusan jurusan ini cukup terbuka lebar, sedangkan untuk pendapatannya bisa disesuaikan di tempatnya bekerja, seperti daerah, kota besar, atau luar negeri.

Selain belajar tentang isu politik, jurusan ilmu politik ikut mengkaji fenomena konflik dari golongan etnis, sosiologi, birokrasi, hak asasi manusia, geopolitik, sampai strategi keamanan suatu negara.


Tak cuma itu, lulusan ilmu politik pun dituntut untuk cakap dalam berkomunikasi sekaligus mampu berpikir kritis, analitis, serta rasional.

Prospek Kerja Ilmu Politik dan Gajinya

Ilustrasi bekerja di kantorProspek kerja ilmu politik dan gajinya (Ilustrasi Foto: Picjumbo)

Peluang karier bagi lulusan ilmu politik cukup besar, berikut 5 rekomendasi untuk Anda sekaligus estimasi gaji yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Anggota legislatif

Memiliki latar belakang pendidikan ilmu politik tentu bisa bekerja di badan eksekutif untuk bidang legislatif yaitu anggota DPR atau DPRD.

Sesuai dengan namanya DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) bertugas merancang segala program legislasi taraf nasional, pengawasan UU, anggaran negara, dan masih banyak lagi.

Sementara DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) bertugas di daerah-daerah Indonesia. Dilansir CNBC, gaji pokok per tahun DPR sekitar Rp50 juta belum termasuk tunjangan.


2. Politikus

Politikus merupakan pekerjaan yang terjun langsung di dunia politik seperti halnya pengamat politik atau anggota partai politik.

Biasanya seorang politisi juga bekerja di instansi pemerintahan serta bertugas menjadi bagian staf parlemen skala kabupaten, kota, dan provinsi.

Merujuk berbagai sumber, gaji politikus umumnya berbeda-beda sesuai tingkatan yaitu sekitar Rp180 juta hingga Rp540 juta dalam satu tahun.


3. Jurnalis politik

Dirut PLN Sofyan Basir (kiri) menjawab pertanyaan wartawan seusai melakukan pertemuan dengan KPK di gedung KPK Jakarta, Kamis (26/1). Kedatangan Dirut PLN itu untuk membahas rencana pengamanan proyek-proyek di PLN agar bebas dari korupsi dan gratifikasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye/17Jurnalis menjadi salah satu prospek kerja lulusan ilmu politik (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Masih tentang prospek kerja ilmu politik dan gajinya, lulusan prodi ini juga berpeluang menjadi seorang jurnalis yang khusus membahas isu-isu sosial-politik.

Jurnalis politik bisa bekerja di berbagai media seperti radio, tv, online, atau koran. Tugasnya bertanggung jawab memberitakan perkembangan politik suatu negara hingga investigasi.

Selain bekerja untuk media nasional, seorang jurnalis berpeluang meniti karier di media internasional. Khusus di DKI Jakarta, gaji jurnalis sudah di atas UMP (Upah Minimum Provinsi).


4. Diplomat

Diplomat merupakan profesi yang tergabung ke dalam organisasi internasional sebagai salah satu perwakilan dari suatu negara.

Ruang lingkup kerja diplomat umumnya bertugas di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) atau Kedutaan Besar Luar Negeri sebagai penghubung politik antarnegara.

Untuk jabatan diplomat tertinggi diperkirakan memperoleh gaji sebesar Rp130 juta per tahun dan nominal itu bisa lebih tinggi apabila ditambah tunjangan.


5. Dosen ilmu politik

Rear view of male professor teaching high school students in the classroom.Lulusan magister bisa bekerja sebagai dosen sebagai salah satu prospek kerja ilmu politik (Ilustrasi Foto: Istockphoto/skynesher)

Ada banyak lulusan magister ilmu politik yang terjun ke ranah pendidikan sebagai dosen atau staf pengajar khusus perguruan tinggi.

Tugas utama dosen politik harus mampu menyampaikan segala macam ilmu politik, termasuk isu-isu terbaru berdasarkan teori dan praktik.

Prospek kerja ilmu politik dan gajinya sebagai dosen masih sangat diperlukan dengan besaran pendapatan akan menyesuaikan tempat mereka bertugas.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER