Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting, Sumber Air Sawah 3 Kabupaten

CNN Indonesia
Rabu, 05 Jan 2022 16:47 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Randugunting di Blora, Jateng. Waduk ini akan menjadi sumber air bagi sawah di tiga kabupaten setempat. Presiden Jokowi meresmikan Waduk Randugunting di Blora, Jateng. Waduk ini akan menjadi sumber air bagi sawah di tiga kabupaten setempat. (Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Waduk tersebut akan menjadi sumber pengairan sawah di tiga kabupaten setempat.

Jokowi berharap keberadaan waduk ini akan memperkuat ketahanan pangan. Ia meyakini waduk menjadi kunci dari kemandirian pangan.

"Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Rembang," kata Jokowi saat meresmikan Waduk Randugunting, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (5/1).


Jokowi menyampaikan Waduk Randugunting tidak hanya dibangun untuk pengairan. Waduk itu juga didirikan untuk destinasi wisata.

Mantan wali kota Solo itu menjajal fasilitas wisata sebelum peresmian. Ditemani sejumlah menteri, Jokowi mengarungi waduk dengan menaiki perahu naga.

"Terakhir, kita harapkan waduk Randugunting ini juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora," terang Jokowi.

Peresmian Waduk Randugunting menjadi bagian dari rangkaian kunjungan kerja Jokowi di Jawa Tengah hari ini. Selain peresmian waduk, Jokowi juga berkunjung ke sejumlah pasar tradisional.

Dia membagikan bantuan pangan dan uang tunai kepada pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Gemolong Di Kabupaten Sragen dan Pasar Purwodadi di Grobogan.

Jokowi juga menyempatkan diri meninjau vaksinasi covid-19 untuk anak di SD Negeri 3 Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan.

[Gambas:Video CNN]



(dhf/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER