Pemda Bali Gratiskan Bea Balik Nama Kendaraan Mulai Hari Ini

CNN Indonesia
Kamis, 06 Jan 2022 05:50 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster menggratiskan bea balik nama kendaraan bermotor mulai 5 Januari sampai 3 Juni 2022 demi meringankan masyarakat yang tertekan pandemi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Denpasar, CNN Indonesia --

Gubernur Bali Wayan Koster menggratiskan bea balik nama kendaraan bermotor. Pembebasan ia lakukan mulai 5 Januari sampai 3 Juni 2022.

Penghapusan sanksi itu ia lakukan melalui penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pembebasan Pokok dan Penghapusan Sanksi Administratif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Atas Penyerahan Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

Koster mengatakan kebijakan itu ia laksanakan demi meringankan beban rakyat.


"Kepada masyarakat dihimbau agar memanfaatkan kebijakan ini dengan sebaik-baiknya," kata Koster di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasbha, Denpasar, Rabu (5/12).

Ia menerangkan pembebasan bea itu dilakukan karena kondisi perekonomian Bali sampai dengan Desember 2021 belum menunjukkan tanda pemulihan yang signifikan.

Itu bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi Bali yang pada kuartal III  2021 lalu yang masih mengalami kontraksi sebesar 2,91 persen dan pada kuartal IV yang diperkirakan
hanya tumbuh sebesar 1,1 persen-2,12 persen.

[Gambas:Video CNN]

Pertimbangan lain, status penguasaan kendaraan. Menurut data yang dimilikinya, kendaraan bermotor yang berstatus penguasaan tetapi belum dimiliki atau belum balik nama sebanyak 211.192 unit.

Itu 82 persennya kendaraan roda dua dan 18 persen lainnya kendaraan roda empat. Kemudian, hasil pendataan operasi gabungan dan door to door yang dilakukan pada 2021 kemarin, ternyata masih terdapat sebanyak 3.779 unit kendaraan plat luar Bali yang beroperasi di Pulau Dewata.

"Yang terdiri dari 40 persen kendaraan roda dua dan 60 persen kendaraan roda empat," ujarnya.

(kdf/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER