Inflasi di Kawasan Eropa Cetak Rekor Tertinggi Sejak 1997

CNN Indonesia
Sabtu, 08 Jan 2022 06:10 WIB
Inflasi negara-negara kawasan Eropa melonjak pada Desember 2021 ke level tertingginya sejak 1997, yakni menembus 5 persen. Inflasi negara-negara kawasan Eropa melonjak pada Desember 2021 ke level tertingginya sejak 1997, yakni menembus 5 persen. Ilustrasi. (AFP/Pierre-Philippe Marcou).
Jakarta, CNN Indonesia --

Inflasi Eurozone atau negara-negara di kawasan Eropa melonjak pada Desember 2021 ke tingkat tertinggi sejak 1997 silam. Mengutip Eurostat, inflasi kawasan Eropa tembus 5 persen.

Dilansir AFP, Jumat (7/1), inflasi kawasan Eropa tersebut naik dari 4,9 persen pada November 2021 lalu. Angka tersebut jauh di atas target bank sentral Eropa, yakni 2 persen.

Namun, bank sentral Eropa (ECB) percaya tren inflasi tinggi saat ini hanya bersifat sementara dan akan turun pada 2023 mendatang, setelah mencapai puncaknya pada tahun ini.


Lonjakan harga terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini terutama disebabkan oleh kenaikan harga gas dan listrik yang luar biasa.

Pada Desember lalu, kenaikan tahunan harga energi mencapai 26 persen, jauh di depan produk lain yang disurvei Eurostat.

Sedangkan harga makanan, alkohol, dan tembakau naik sebesar 3,2 persen, di atas barang-barang industri sebesar 2,9 persen dan jasa sebesar 2,4 persen.

Di antara negara-negara besar, kenaikan tertinggi terjadi di Spanyol sebesar 6,7 persen dan Jerman sebesar 5,7 persen.

Sebaliknya, harga tetap lebih moderat di Italia dan Prancis, menurut data yang dihitung oleh Eurostat.

Inflasi melonjak tinggi di negara-negara Baltik dengan tingkat tertinggi dipegang Estonia sebesar 12 persen dan Lituania dengan 10,7 persen.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER