Gibran soal Suntikan Dana Bisnis Es Doger Rp71 M: Biasa

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 09:46 WIB
Gibran Rakabuming Raka menilai suntikan dana puluhan miliar rupiah untuk bisnis es doger miliknya, Goola, merupakan sesuatu yang wajar. Gibran Rakabuming Raka menilai suntikan dana puluhan miliar rupiah untuk bisnis es doger miliknya, Goola, merupakan sesuatu yang wajar. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Gibran Rakabuming Raka menilai suntikan dana puluhan miliar rupiah untuk bisnis es doger miliknya, Goola, merupakan hal biasa yang dilakukan dalam dunia usaha.

"Ya kayak gitu cara kerjanya, (Rp71 miliar) untuk pembukaan cabang. Biasa. Mangkokku (bisnisnya yang lain) bedo meneh, duite luwih gede meneh. Mengko do kaget kabeh (beda lagi, dananya lebih besar. Nanti kaget semua)," kata Gibran di Solo, seperti dikutip Antara, Selasa (18/1).

Wali Kota Surakarta itu mempertanyakan mengapa suntikan itu baru dipertanyakan publik sekarang padahal sudah lama dilakukan. Berdasarkan catatan Alpha JWC Ventures suntikan itu dilakukan pada 2019 lalu senilai US$5 juta atau sekitar Rp71 miliar.


"(Bisnis es doger) itu kan sudah lama. Kok baru gimana,"ujarnya.

Ia menerangkan suntikan dana sebesar Rp71 miliar itu berasal dari "Venture Capital" (VC). Menurut dia, tidak ada yang perlu dipermasalahkan dari suntikan dana tersebut. Terlebih, uang tersebut langsung masuk ke perusahaan bukan ke kantong pribadinya.

"Duite kan ra mlebu aku, duite kan mlebu perusahaan (Uangnya kan tidak masuk ke saya, masuk ke perusahaan).Opo (apa) yang salah? Ra ono enteke nek golek kesalahan (tidak ada habisnya kalau cari kesalahan)," ujarnya.

Disinggung mengenai tudingan negatif beberapa pihak yang menghampirinya akhir-akhir ini, ia enggan banyak menanggapi, termasuk jika tudingan tersebut memiliki muatan politik.

"Kalau janggal, janggale opo? (Apa yang janggal?). Kalau golek-golek (mencari-cari) kesalahan nggo (untuk) alat politik yo raono enteke (tidak ada habisnya)," katanya.

Secara terpisah, Kuasa Hukum Chandra Tjan dan Alpha JWC Ventures PTE Ltd Juniver Girsang menjelaskan ihwal suntikan dana ke Goola.

Juniver menerangkan suntikan modal Alpha JWC ke Goola yang dilakukan pada 2019 lalu murni pertimbangan bisnis. Investasi ini berawal dari perkenalan Alpha JWC dengan Benz Budiman, salah satu pendiri Goola yang pada saat itu sedang melakukan penghimpunan dana investasi.

Setelah melakukan due diligence, Alpha JWC memutuskan berinvestasi secara bertahap di Goola.

"Dengan investasi ini, Alpha JWC adalah pemegang saham minoritas di Goola, dengan pemilik saham terbesar adalah pendiri perusahaan tersebut yaitu Kevin Susanto, Gibran Rakabuming, dan Benz Budiman," ujar Juniver dalam hak jawab kepada CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun melaporkan kakak beradik Gibran dan Kaesang Pangarep ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (10/1).

Kedua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dituding melakukan tindak pidana korupsi dan atau tindak pidana pencucian uang berkaitan dengan dugaan korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) relasi bisnis anak Presiden dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan.

[Gambas:Video CNN]



(Antara/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER