Profil Penyuntik Modal Bisnis Es Doger Gibran Rp71 M

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 12:55 WIB
Alpha JWC Ventures menyuntikkan Rp71 miliar ke bisnis es doger milik anak Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka, Goola. Berikut profilnya. Bisnis es doger milik anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Goola, mendapat suntikan Rp71 miliar dari Alpha JWC Ventures. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bisnis es doger milik anak Presiden JokowiGibran Rakabuming Raka, Goola, mendapat suntikan dana puluhan miliar dari perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures.

Wali Kota Surakarta itu menilai suntikan dana tersebut merupakan hal yang biasa dalam dunia usaha. Hal itu ia lontarkan untuk menanggapi komentar miring dari sejumlah pihak atas besarnya suntikan modal tersebut.

Gibran mempertanyakan mengapa suntikan itu baru dipertanyakan publik sekarang, padahal itu sudah lama dilakukan. Berdasarkan catatan Alpha JWC Ventures suntikan itu dilakukan pada 2019 lalu senilai US$5 juta atau sekitar Rp71 miliar.


"Ya kayak gitu cara kerjanya, (Rp71 miliar) untuk pembukaan cabang. Biasa," kata Gibran di Solo, seperti dikutip Antara, Selasa (18/1).

Menurutnya, tidak ada yang perlu dipermasalahkan dari suntikan dana tersebut. Terlebih, uang tersebut langsung masuk ke perusahaan bukan ke kantong pribadinya.

Selain Goola, bisnis Gibran dan saudaranya, Kaesang Pangarep, Mangkok Ku juga mendapat suntikan modal US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar (asumsi kurs Rp14.150 per dolar AS) dari Alpha JWC Ventures.

[Gambas:Video CNN]

Lalu, siapa itu Alpha JWC Ventures?

Mengutip situs resmi Alpha JWC Venture, perusahaan modal ventura tersebut berdiri sejak 2015 silam. Nama JWC berasal dari tiga pendiri perusahaan yakni Jefrey Joe, Will Ongkowidjaja, dan Chandra Tjan.

Perusahaan tersebut melakukan debut perdananya sebesar US$50 juta pada 2016 sebagai dana modal ventura tahap awal independen dan institusional pertama di Indonesia.

Sejak saat itu, dana tersebut telah ditanamkan pada 23 perusahaan di Asia Tenggara.

Sebagian besar dari total perusahaan tersebut berada di Indonesia, yang lebih dari 90 persen di antaranya telah mendapatkan pendanaan lanjutan.

Dalam portofolionya, berbagai perusahaan telah mendapatkan suntikan dari JWC seperti Kopi Kenangan, Lemonilo, Tanifund, Tanihub, Kredivo, Uang Teman, Style Theory hingga Bobobox.

Perusahaan tersebut memiliki total dana kelolaan (asset under management) sebesar US$193 juta dengan total investasi di 41 perusahaan rintisan atau startup.

Suntikan dana tersebut pun diantaranya diberikan kepada dua bisnis Gibran dan Kaesang yakni MangkokKu dan Goola.

 

(mrh/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER