BNI Akan Akusisi 63,9 Persen Saham Bank Mayora

CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 10:46 WIB
BNI akan mengakuisis 63,9 persen saham Bank Mayora. Akuisisi dilatarbelakangi kemunculan sejumlah bank digital belakangan ini. BNI akan mengakuisis 63,9 persen saham Bank Mayora. Akuisisi dilatarbelakangi kemunculan sejumlah bank digital belakangan ini. Ilustrasi. (Arsip BNI)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Negara Indonesia atau BNI (BBNI) akan mengakuisisi 63,9 persen saham PT Bank Mayora. Rencana akuisisi diketahui dari ringkasan rancangan pengambilalihan saham yang mereka umumkan melalui surat kabar nasional pada 22 Januari lalu. 

Rancangan Pengambilalihan ditandatangani pada 12 Januari 2022 oleh direksi BNI dan Bank Mayora. Rancangan juga telah mendapat persetujuan dari dewan komisaris BNI dan Bank Mayora pada tanggal 13 Januari 2022 

Dalam ringkasan itu mereka menjelaskan akuisisi akan dilakukan dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.029.151.550 saham baru yang mewakili 54,9 persen dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora.

"Rencana pengambilalihan Bank Mayora oleh BNI akan didanai melalui pendanaan internal BNI dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan (retained earnings) atau kekayaan BNI," kata BNI  seperti dikutip dari ringkasan itu.

Selain itu, akuisisi juga akan dilakukan dengan mengambil alih 169.078.288 saham yang telah ada dari IFC. Dalam ringkasan itu mereka menjelaskan pengambilalihan saham dilatarbelakangi kemunculan sejumlah bank digital. 

"Mulai bermunculannya produk digital yang dikembangkan melalui pengembangan organik oleh bank di Indonesia serta hadirnya bank digital yang dilakukan melalui strategi akuisisi diikuti dengan transformasi menjadi bank digital (yang) menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi finansial (merupakan latar belakang pengambilalihan)," kata mereka.

Selain itu pengambilalihan juga dilakukan karena Saat ini BNI tengah melakukan program transformasi. Salah satu inisiasi yang dilakukan BNI adalah memperkuat kapabilitas digital guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan sehingga bisa membawa perseroan menjadi penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital dengan keunggulan internasional.

"Untuk dapat mendukung transaksi digital masyarakat dan juga sejalan dengan transformasi BNI, BNI akan membentuk suatu bank digital melalui strategi anorganik yaitu pengambilalihan Bank Mayora yang selanjutnya akan ditransformasi menjadi bank digital," tambah mereka.

BNI percaya akuisisi akan membuahkan hasil cemerlang. Mereka yakin Bank Mayora akan menghadirkan solusi digital berbasis ekosistem khususnya untuk membantu UKM dalam mengakomodir kebutuhan layanan perbankan dan bisnis UKM. 

"Bank Mayora akan menghadirkan solusi digital berbasis ekosistem khususnya untuk membantu UKM dalam mengakomodir kebutuhan layanan perbankan dan bisnis
UKM. Melalui pelaksanaan rencana pengambilalihan dan sinergi dengan BNI melalui optimalisasi jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, diharapkan layanan digital
Bank Mayora dapat menjangkau lebih banyak pelanggan," kata mereka.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER